Hidangan Tradisional Khas Jepang Yang Patut Kamu Coba | CoolJapan


Ketika berkunjung ke Jepang, rasanya kurang lengkap jika belum mencicipi berbagai hidangan tradisional khasnya. Selain memiliki beragam destinasi wisata yang menarik, negara yang dijuluki sebagai negeri matahari terbit itu juga memiliki beragam kuliner tradisional yang menarik untuk dicoba.

Hidangan tradisional khas Jepang sangat lekat dengan cita rasa otentik yang cocok sesuai selera lidah wisatawan dari negara manapun. Bahkan, beberapa di antaranya juga sudah terkenal hingga ke penjuru dunia. Penasaran apa saja? berikut Clozette rangkum berbagai jenis hidangan tradisional yang wajib dicoba saat berkunjung ke negeri sakura.

Sashimi




Liburan ke Jepang rasanya tidak lengkap tanpa mencicipi kuliner Jepang yang telah mendunia, yakni Sashimi. Hidangan yang satu ini merupakan makanan laut yang disajikan dalam keadaan fresh tanpa dimasak dengan ditemani bumbu kecap asin, wasabi dan parutan jahe. Dengan ikan berkualitas tinggi yang ditangkap langsung di semua wilayah Jepang, menjadikan hidangan ini merupakan pilihan yang tepat untuk dicoba.

Sama seperti sushi, kamu dapat menikmati puluhan variasi sashimi yang bisa disesuaikan dengan seleramu. Beberapa variasi yang paling populer adalah maguro, tuna, salmon, dan mackerel.

Unagi





Hidangan tradisional khas Jepang selanjutnya yang wajib kamu coba adalah unagi atau belut. Ikan yang diketahui dapat ditemukan di sungai ini merupakan makanan lezat yang mewah dan mahal. Kamu bisa menemukan berbagai restoran menengah ke atas di Jepang yang mengkhususkan sajian unagi.


Jika ke restoran unagi, kamu akan dapat menikmati kabayaki, di mana unagi mengenakan tusuk sate yang di panggang dengan saus khusus mengandung kecap, mirin, gula, dan sake. Tak hanya itu, unagi juga dipercaya dapat dimanfaatkan sebagai makanan kesehatan untuk pencernaan karena kaya akan protein.


Mochi





Jika mendengar mochi, mungkin yang akan terlintas di pikiranmu adalah hidangan manis yang berasal dari Indonesia. Padahal, sebenarnya mochi merupakan sajian tradisional asal Jepang yang terbuat dari beras ketan dengan rasa yang manis, bertekstur lembut dan kenyal dan biasa dijadikan sebagai camilan.


Mochi dibuat pada tahun baru di Jepang atau pada saat acara tradisional. Kini, mochi sudah mempunyai berbagai variasi isian dan rasa. Meskipun di Indonesia sudah banyak yang memproduksinya, namun tidak ada salahnya mencoba mochi khas asli Jepang saat berwisata ke sana dan membelinya sebagai oleh-oleh,


Onigiri





Onigiri merupakan makanan khas Jepang yang sudah tidak asing lagi didengar. Hidangan ini terbuat dari nasi kepal yang dibentuk menjadi piramid lalu dibungkus menjadi rumput laut atau nori. Tak sulit bagi kamu untuk mencari onigiri di Jepang. Pasalnya, banyak sekali minimarket yang menyediakan hidangan ini dengan harga terjangkau dan rasa yang lezat.


Hadir dengan berbagai varian rasa, kamu bisa mencoba varian yang menjadi favorit di sana, seperti sea chicken mayonnaise, tuna mayonnaise, hingga mentaiko. Kamu bisa menjadikan Onigiri sebagai pilihan camilan atau menu sarapan pagi, karena praktis dan cukup mengenyangkan saat disantap.


Sukiyaki





Makanan tradisional khas Jepang terakhir yang patut dicoba adalah Sukiyaki. Hidangan ini merupakan daging dan sayuran yang dimasak secara tradisional dalam wajan besi dangkall. Sukiyaki biasa dinikmati bersama kuah yang dikenal dengan nama warishita, yang terbuat dari kecap dan gula.


Sukiyaki dihidangkan dengan beberapa bahan yang berbeda, seperti irisan daging sapi, bawang hijau, tomat, jamur, dan tahu. Variasi bahan dan cara penyajian Sukiyaki berbeda, tergantung asal daerahnya. Hidangan lezat ini cocok untuk dinikmati pada musim gugur dan musim dingin di Jepang karena dapat menghangatkan tubuh.


READ MORE ON THIS TOPIC