Ternyata Ada Makna Mendalam di Balik Motif Kimono loh! | CoolJapan

Sumber foto: kabujouhou.com


Seperti yang udah Clozetters tau, kimono merupakan pakaian tradisional Jepang. Kimono sendiri punya arti baju atau sesuatu yang dikenakan (ki artinya pakai dan mono artinya barang). Dulu wanita Jepang memakai kimono sebagai pakaian sehari-hari, kalau sekarang kimono lebih sering dipakai pada kesempatan tertentu saja. 


Nah kalau ngomongin soal Kimono nih,  pasti banyak yang salfok sama motifnya karena cantik dan bagus banget. Tapi kamu tau gak? Motif yang ada di kimono bukan sekadar untuk mempercantik desain, tapi ada maknanya yuk kita bahas satu-satu.



1. Sakura (Cherry Blossoms)



Sumber foto: i.etsystatic.com


Bunga sakura sudah melekat dan menjadi identitas orang Jepang. Selain menjadi bunga nasional, sakura melambangkan kelahiran kembali, awal yang baru, pembaharuan (karena mekar di awal musim semi), keindahan dan kefanaan hidup. Selain itu, makna lainnya adalah kekayaan dan kesuburan.


2. Peony (Botan Mon)


Sumber foto: japantimes.co.jp


Mempunyai bentuk yang sangat menawan sehingga dijuluki ‘Raja Bunga’. Bunga peony sendiri melambangkan kekayaan, keberuntungan, kebaikan, kebahagiaan, dan kecantikan abadi.



3. Bunga Krisan (Kiku)



Sumber foto: nipponclub.net


Bunga ini merupakan wakil dari musim gugur, bahkan ada festival khusus untuk melihat bunga krisan loh yaitu Kiku no Sekku. Motif Kiku sendiri merupakan motif yang paling terkenal selain itu memiliki makna umur panjang, hidup tanpa penyakit, kestabilan, kecantikan, dan keberuntungan.



4. Burung Bangau (Tsuru)



Sumber foto: nipponclub.net


Orang Jepang meyakini bahwa burung bangau atau Tsuru bisa hidup sampai seribu tahun, memiliki makna umur panjang dan kebahagiaan. Seperti sepasang suami istri yang memiliki pernikahan bahagia.

5. Phoenix (Houhou)



Sumber foto: shop.japanobjects.com


Burung phoenix merupakan lambang dari matahari yang wujudnya burung. Kalau di Jepang, burung ini merupakan simbol rumah tangga kekaisaran, khususnya permaisuri. Motif Houhou memiliki penampilan anggun dan menawan serta memiliki makna api, keadilan, ketaatan dan kesetiaan.


6. Mandarin Duck (Oshidori)



Sumber foto: nipponclub.net 


Motif ini sering digunakan pada gaun pengantin karena dikenal sebagai simbol Love Bird di Jepang. Motif Oshidori mempunyai makna perasaan cinta yang tidak akan pernah pudar antara suami dan istri.


Itu dia beberapa makna dari motif kimono yang ada di Jepang, maknanya mendalam banget ya Clozetters? Ngomong-ngomong, motif mana nih yang paling kamu suka?


READ MORE ON THIS TOPIC