5 Hidangan Salmon Ala Jepang, Mana Yang Jadi Favoritmu? | CoolJapan

Sumber foto: Clozette Ambassador Jessicasisy


Ikan salmon menjadi salah satu bahan masakan yang difavoritkan banyak orang. Bagaimana tidak, selain rasa lezat dan tekstur yang lembut, ikan salmon juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Asam lemak Omega-6 yang terkandung di dalamnya cukup tinggi, dengan kadar kolagen dan protein untuk membantu memelihara elastisitas kulit dan kesehatan tulang. Tak hanya itu, salmon juga bermanfaat bagi perkembangan otak si Kecil, sehingga sering dijadikan menu MPASI oleh para orangtua.

 

Salah satu negara yang kerap menjadikan salmon sebagai bahan baku makanan ialah Jepang. Negara ini mampu mengolah salmon dengan beragam teknik sehingga cita rasa yang dihasilkan sedap dan beragam. Mulai dari hidangan klasik, hingga yang paling unik, para ahli kuliner Jepang seakan tak berhenti berinovasi dengan salmon. Yuk, intip 5 di antaranya melalui ulasan di bawah ini!



Salmon Nigiri



Kamu tentu familiar dengan hidangan yang satu ini, bukan? Salmon Nigiri merupakan sushi klasik dengan nasi dan irisan salmon mentah di atasnya. Cukup celupkan hidangan ini ke sedikit kecap asin untuk sensasi yang fresh dan lezat. Yummy!



Salmon Aburi



Bagi kamu yang kurang menyukai salmon mentah, kamu bisa mencoba Salmon Aburi. Komposisinya sama dengan Salmon Nigiri, namun yang membedakan ialah proses pematangan daging salmon dengan cara dibakar menggunakan torch sebelum dihidangkan. Kamu bisa mencelupkan ke kecap asin atau menambahkan mayones untuk menikmati Salmon Aburi yang lebih tasty.



Teriyaki Salmon



Jika porsi sushi terasa kurang memuaskan untukmu, Teriyaki Salmon bisa jadi opsi untuk menikmati ikan yang satu ini. Perpaduan rasa asin, manis, dan gurih dari saus teriyaki menyatu dengan daging salmon yang lembut dan meleleh di mulut. Kamu bisa menyantap Teriyaki Salmon dengan nasi putih pulen khas Jepang, atau menambahkan kentang goreng untuk penyajian ala steak.



Salmon Chirashizushi



Ingin menyantap sushi dengan tampilan ala rice bowl? Salmon Chirashizushi bisa kamu coba, Clozetters. Chirashizushi sendiri berarti ‘sushi yang disebar’, atau bisa dibilang tak disusun seperti sushi pada umumnya. Hidangan ini berbahan dasar nasi sushi, salmon segar, dan tobiko atau telur ikan terbang di bagian atasnya. Tak melulu menggunakan salmon mentah, kamu juga bisa mendapati chirashizushi yang dilengkapi salmon asap atau salmon kukus.



Saiko Miso Grilled Salmon



Satu lagi olahan salmon yang cukup unik, yakni Saiko Miso Grilled Salmon. Sebelum dipanggang, salmon direndam terlebih dahulu dengan bumbu campuran miso, mirin, dan gula. Hidangan ini biasa disajikan dengan nasi putih, asparagus, dan campuran sayuran sebagai side dish.

 

Itu dia 5 olahan salmon ala Jepang yang cukup populer. Mana yang jadi favoritmu, Clozetters?


READ MORE ON THIS TOPIC