Hanami: Lautan Merah Jambu yang Memanjakan Mata | CoolJapan

Sumber foto: Clozetter Theresiajuanita 


Clozetters, berencana mengunjungi Jepang di tahun 2023 mendatang? Jika berkunjung di musim semi, jangan lewatkan aktivitas favorit warga Jepang, yakni hanami atau flower viewing. Piknik di bawah pepohonan Sakura yang bermekaran sembari menikmati camilan bersama keluarga dan orang-orang terdekat merupakan tradisi masyarakat Jepang sejak ratusan tahun lalu, tepatnya sejak zaman Edo. Bahkan, sebelumnya pohon Sakura dianggap sebagai tempat tinggal para Dewa dan diperlakukan amat spesial. 


Lalu, kapan waktu yang tepat untuk menikmati keindahan bunga Sakura? Jawabannya tergantung dengan lokasi yang kamu tuju, Clozetters. Di Okinawa, bunga Sakura bermekaran sekitar akhir bulan Januari hingga pertengahan bulan Februari. Sedangkan, di Kyushu dan wilayah regional Kanto – termasuk Tokyo, bunga Sakura memperlihatkan keelokannya di sekitar bulan Maret hingga April. Jika kelewatan momennya, kamu bisa mengunjungi Hokkaido di mana bunga Sakura masih bermekaran hingga akhir Mei. 



 

Banyak lokasi menarik untuk menyaksikan cantiknya kanopi berwarna merah jambu dari pohon Sakura. Di Tokyo, kamu bisa mengunjungi Taman Nasional Shinjuku Gyoen yang berhiaskan 1,000 pohon Sakura. Taman Ueno juga menjadi favorit banyak orang, di mana kamu akan menemukan 1,200 pohon Sakura yang diterangi lampion ketika hari mulai sore. Selain dua lokasi di atas, Taman Yoyogi dan Taman Rikugien juga populer akan keindahan bunga Sakuranya. 


 

Bagi kamu yang ingin menikmati suasana yang lebih tradisional, datanglah ke Kyoto, tepatnya ke Kuil To-ji, di mana kamu bisa melihat pagoda yang dikelilingi indahnya bunga Sakura. Selain itu, Kuil Ninna-ji dan Kuil Yoshimine-dera di Kyoto juga diliputi atmosfer merah jambu yang tak kalah membius. 


Jika berkesempatan untuk melihat Sakura secara langsung, jangan lupa untuk mengikuti aturan setempat selama berpiknik ya, Clozetters. Seperti tidak merusak batang dan dahan pohon Sakura, tidak mabuk-mabukan, tak membuang sampah sembarangan, serta tak mengganggu ketenangan masyarakat yang berpiknik di sebelahmu. Enjoy your hanami moment, Clozetters! 


READ MORE ON THIS TOPIC