Pharrell Williams, dari Musisi Jadi Sosok Berpengaruh di Industri Fashion | CoolJapan

Sumber foto: Louis Vuitton 


Jika mendengar nama Pharrell Williams, yang terbersit di benak kita mungkin lagu 'Happy'-nya yang ceria dan easy listening. Namun, di balik kesuksesannya di industri musik, Pharrell ternyata merupakan sosok yang punya pengaruh kuat di industri fashion. Ia berkaitan dengan berbagai fashion house mewah dan kolaborasi sukses yang membuat namanya semakin meroket. 

 

Beberapa waktu lalu, LVMH dan rumah mode Louis Vuitton secara resmi mengumumkan kehadiran Pharrell sebagai Men’s Creative Director. Ia mengisi posisi yang telah lama kosong sejak berpulangnya Virgil Abloh tahun 2021 lalu. Lalu, apa saja karya dan kolaborasi yang ia hasilkan sebelum resmi bergabung dengan luxury fashion asal Prancis tersebut? Berikut Clozette rangkum 5 di antaranya yang paling ikonis dan menjadi top of mind para pecinta fashion. 



Founder brand street wear Billionaire Boys Club 


 

Sumber foto: bbcicecream.com

 

Tahun 2003, Pharrell memulai karirnya di ranah mode dengan meluncurkan label Billionaire Boys Club (BBC) bersama fashion icon sekaligus founder dari A Bathing Ape (BAPE), Nigo. Dua tahun kemudian, BBC membuka store pertamanya di Tokyo, dan melebarkan sayapnya ke New York dan London. Saat ini, partner Pharrell, Nigo, menjabat sebagai Creative Director dari brand fashion yang juga dinaungi oleh LVMH, Kenzo. 



Longtime Partnership with Adidas 


 

Sumber foto: KicksOnFire 

 

Sejak kolaborasi pertama mereka di tahun 2014, Pharrell dan Adidas seakan tak terpisahkan. Bermula dari desain Pharrell untuk sepatu-sepatu klasik Adidas Originals seperti seri Superstar dan Stan Smith, kerja sama keduanya kini merambah ke seri NMD, Hu, hingga Samba.

 

 

Desain Topi dan Kaos untuk UNIQLO 


 

Sumber foto: Fastretailing.com 


Tahun 2014, Pharrell juga bekerja sama dengan fashion retail asal Jepang, UNIQLO, untuk kolaborasi bertajuk “i am OTHER”. Koleksi kolaborasi ini hadir dalam 14 warna dan desain t-shirt untuk laki-laki dan perempuan, serta 7 gaya baseball cap yang hadir dengan message dari Pharrell, seperti “Think Other” dan “THE SAME IS LAME”. 

 


Kolaborasi Penuh Warna dengan Chanel 


 

Sumber foto: Getty

 

Gaya tradisional dan hitam putih khas Chanel bergeser sejenak ketika Pharrell masuk sebagai kolaborator. Ia membawa warna-warni hip-hop dan seni dalam koleksi kolaborasi dengan rumah mode tersebut. Sebelumnya, ia juga menjadi Brand Ambassador dan membawa identitas ‘unisex’ ke luxury brand yang erat dengan kaum hawa ini.

 

 

Kacamata Berhias Berlian Pharrell X Tiffany & Co. 


 

Sumber foto: Hypebeast 

 

Dalam fashion show perdana Kenzo di bawah arahan Nigo, Pharrell yang duduk di front row mencuri perhatian dengan kacamata hitam bertabur berlian 25 karat dan dua batu zambrud. Sunnies tersebut merupakan koleksi kolaborasinya bersama brand jewelry Tiffany & Co. Sayangnya, kolaborasi ini menuai kritikan karena dianggap menjiplak desain kacamata milik bangsawan India pada abad ke-17.

 

READ MORE ON THIS TOPIC