Wow, Seragam Olimpiade Timnas Jepang Ternyata Hasil Daur Ulang! | CoolJapan


Clozetters, masih merasakan keseruan Olimpiade Tokyo 2020 yang diadakan akhir Juli hingga awal Agustus 2021 lalu? Pertandingan kali ini terasa amat berkesan bagi seluruh rakyat Indonesia berkat tim Badminton Ganda Putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang berhasil membawa medali emas untuk Indonesia.

 

Di Jepang sendiri, ternyata Olimipade Tokyo 2020 menyimpan beragam cerita unik, lho. Merupakan olimpiade pertama yang digelar tanpa penonton, banyak bagian dari Olimpiade Tokyo 2020 yang mengedepankan sustainability. 5,000 medali yang ada merupakan hasil daur ulang dari sampah perangkat elektronik yang telah dikumpulkan sejak 2017 hingga 2019. Bahan metal daur ulang menjadi sebuah terobosan baru yang menarik perhatian banyak orang berkat partisipasi masyarakat yang turut andil dalam proses produksinya.



Tak hanya itu, partisipasi masyarakat seluruh Jepang juga dilibatkan dalam proses produksi seragam atlet kontingen Jepang. ASICS sebagai brand yang bekerja sama dengan pemerintah Jepang menggunakan teknologi terkini untuk mengubah pakaian yang sudah tak terpakai menjadi seragam dan sepatu dengan performa tinggi. Kenyamanan dan konsep ‘Japonism’ yang menggambarkan kultur Jepang menjadi aspek utama, dengan komponen ventilasi untuk sirkulasi udara agar para atlet terhindar dari rasa lembap selama bertanding di musim panas.


 


Program sustainability sendiri sudah dilakukan oleh ASICS sejak tahun 2011 dan berhasil mengurangi pencemaran emisi CO2 30,8% untuk setiap produk yang dihasilkan. Saat ini, sekitar 95% produk sepatu terbaru dari ASICS sudah menggunakan material daur ulang, lho. Wah, jadi semakin salut dengan upaya pemerintah Jepang dan ASICS dalam menjaga lingkungan.


READ MORE ON THIS TOPIC