3 Masjid Dengan Arsitektur Terindah Di Jepang | CoolJapan


Masjid sejatinya merupakan tempat suci bagi umat Muslim untuk beribadah. Selain itu, setiap masjid juga biasanya dibangun untuk merepresentasikan kekayaan arsitektur Islam yang khas.

Ada begitu banyak masjid dengan arsitektur indah yang didirikan di berbagai negara termasuk salah satunya Jepang. Hingga saat ini, terdapat lebih dari 80 masjid yang tersebar di seluruh penjuru Jepang. Beberapa di antaranya begitu populer dan kerap dikunjungi para turis muslim karena terkenal dengan arsitekturnya yang cantik nan unik. Penasaran apa saja? Yuk, simak rangkuman di bawah ini.


Masjid Tokyo Camii




Masjid pertama yang menjadi primadona adalah Masjid Tokyo Camii. Berlokasi di Shibuya, Tokyo, masjid ini memiliki ciri khas arsitektur yang serupa dengan konsep Blue Mosque di Turki. Berbagai ornamen dan hiasan cantik bernuansa biru menghiasi setiap sudut pada masjid terbesar di Jepang ini.

Masjid Tokyo Camii terdiri dari 2 lantai, di mana lantai pertama digunakan sebagai pusat kebudayaan dan perpustakaan. Lantai kedua dikhususkan untuk tempat melaksanakan ibadah. Menariknya, pengunjung juga berkesempatan untuk berkeliling melihat keindahan dari masjid yang satu ini, lho. Bagi kamu yang tertarik mengunjungi masjid Tokyo Camii,  kamu bisa datang mulai dari pukul 10 pagi hingga 6 sore. 


Masjid Kobe




Masjid Kobe atau lebih dikenal dengan nama Masjid Muslim Kobe merupakan masjid pertama dan tertua di Jepang. Masjid ini dibangun sejak tahun 1928 dan diresmikan pada bulan Oktober 1935.

Gaya arsitektur masjid yang satu ini terbilang cukup unik. Masjid Kobe dibangun dengan gaya tradisional India oleh arsitek asal Ceko bernama Jan Josef Svagr. Jika dilihat dari bagian luar, masjid ini akan mengingatkanmu pada menara masjid (minaret) tua dan tradisional. Sementara bagian dalam masjid dibuat dengan begitu indah berhiaskan dinding marmer putih dan ornamen emas.

Terletak di Distrik Kitano, Kobe, akses untuk menuju ke masjid ini pun terbilang mudah. Kamu hanya perlu menaiki kereta JR, Hanshin dan Hankyu, lalu turun di Stasiun Sannomiya. Kemudian, kamu tinggal berjalan kaki sekitar 12 menit ke arah masjid Kobe.


Masjid Fukuoka




Sesuai namanya, Masjid Fukuoka menjadi pusat agama dan budaya di pulau Kyushu, Jepang. Berdiri di atas lahan yang cukup luas, masjid ini mampu menampung hingga seribu orang. 

Berbeda dengan masjid lain di Jepang, Masjid Fukuoka memisahkan para laki-laki dan perempuan pada lantai yang berbeda. Terdiri dari tiga lantai, lantai pertama dikhususkan untuk laki-laki, lantai kedua khusus para perempuan, dan lantai ketiga diisi dengan ruang kelas dan dapur. Selain menjadi tempat ibadah, masjid ini juga berfungsi sebagai pusat agama komunitas Islam dan budaya Jepang.

READ MORE ON THIS TOPIC