4 Permainan Khas Jepang Yang Seru Dimainkan Bersama Keluarga | CoolJapan


Seperti kesenian lainnya, setiap negara juga memiliki permainan tradisional yang khas, termasuk Jepang. Meski masyarakat di Jepang terkenal sebagai pekerja keras, namun mereka menganggap bahwa permainan adalah bagian dari budaya dan kehidupan yang tak bisa dipisahkan. Mulai dari permainan yang tidak membutuhkan alat hingga yang membutuhkan alat, Jepang memiliki begitu banyak permainan tradisional yang unik dan menyenangkan. Berikut 4 permainan khas Jepang yang bisa menjadi pilihanmu untuk dimainkan bersama keluarga.


Kamizumo




Kamu tentu sudah tak asing lagi dengan olahraga sumo, gulat asal Jepang dengan pemainnya yang berbadan besar kan? Nah, Kamizumo merupakan persamaan dari sumo. Namun, Kamizumo merupakan permainan sumo versi aman karena menggunakan boneka pemain dari kertas karton. Cara bermainnya pun mudah, kamu akan adu ketangkasan dengan lawan dan masing-masing mengadunya di atas arena yang terbuat dari kertas karton. Untuk menggerakkannya, kamu cukup mengetuk-ketuk arenanya, hingga boneka tergetar dan saling dorong. Wah, seru sekali ya? 

Daruma Otoshi




Berbeda dengan kamizumo yang saling menyerang lawan. Daruma otoshi merupakan permainan yang menggunakan alat berupa boneka Daruma yang terdiri dari 5 bagian. Nantinya, kamu akan dipersenjatai dengan palu kecil. Tugasmu dan lawan adalah memukul Daruma tiap bagian mulai dari bawah ke atas. Peraturannya, selama ada bagian yang dipukul, bagian lainnya tidak boleh jatuh.


Karuta




Saat merayakan tahun baru, masyarakat Jepang biasa bermain Karuta atau permainan kartu. Dahulu, karuta diartikan sebagai bermain remi. Saat ini, karuta menjadi permainan kartu yang melibatkan pembacaan kartu. Permainan ini bisa dilakukan oleh minimal tiga orang. Dua orang bermain, satu orang lainnya berperan menjadi pembaca kartu, dan wasit. Ada dua jenis karuta yang bisa kamu pilih Clozetters, yaitu uta garuta (kartu puisi) dan juga iroha-garuta (kartu iroha). 


Hanetsuki 




Terakhir, Hanetsuki yang akan mengingatkanmu dengan olahraga bulu tangkis. Permainan yang satu ini terbilang cukup legendaris karena telah dimainkan sejak abad 14 di Jepang, Pola permainannya mirip dengan bulu tangkis, hanya saja tanpa net pembatas dan tidak menggunakan raket atau kok reguler. Melainkan dengan hagoita (raket) dan kok yang terbuat dari bulu unggas yakni mukuruji.

Kamu juga bisa bermain hanetsuki dengan 2 cara. Pertama, bersaing memukul kok setinggi-tingginya dan selama mungkin. Cara kedua adalah saling memukul kok antara pemain satu dengan lainnya layaknya bermain badminton. Pemain yang gagal memukul akan menerima hukuman, yaitu wajahnya akan dicoret dengan menggunakan tinta. 

READ MORE ON THIS TOPIC