5 Jenis Teh Khas Jepang Ini Berikan Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh | CoolJapan


Bersantai di sore hari sembari menyeruput teh memang menjadi aktivitas yang menyenangkan. Apalagi, jika ditemani camilan favorit sebagai makanan pendamping. Tak heran, jika teh merupakan salah satu minuman yang cukup sering dikonsumsi oleh masyarakat di seluruh penjuru dunia, termasuk Jepang. 

Negara yang dijuluki sebagai negeri matahari terbit ini disebut-sebut sebagai surganya pecinta teh. Hal ini dikarenakan Jepang memiliki berbagai varian teh yang menarik untuk dicoba. Mulai dari jenis teh klasik yang dapat kamu temui di berbagai daerah di Jepang. Hingga jenis teh alternatif yang menggunakan bahan baku kanji dari teh. Tentunya, setiap jenis teh juga menawarkan ciri khas dan manfaat yang berbeda. Bagi kamu yang penasaran dengan ragam teh khas Jepang, yuk simak rangkuman Clozette berikut ini.


Sencha 

Teh hijau Sencha termasuk salah satu jenis teh yang paling banyak dijumpai di Jepang. Jenis teh yang satu ini terbuat dari daun teh yang baru saja dipetik. Kemudian dipanaskan dengan cara dikukus atau direbus untuk menghentikan proses fermentasi. Selain nikmat untuk dikonsumsi, Sencha juga memiliki berbagai kandungan yang baik bagi tubuh. Seperti di antaranya antioksidan yang dapat melawan radikal bebas penyebab stres oksidatif dalam tubuh. Serta kandungan polifenol untuk membantu mencegah perkembangan sel kanker.

Matcha 

Kepopuleran jenis teh yang satu ini rasanya tak perlu diragukan lagi. Tidak hanya di Jepang, matcha juga menjadi salah satu jenis teh yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Matcha merupakan teh hijau bubuk yang terbuat dari daun teh berkualitas tinggi dan biasa digunakan untuk upacara minum teh di Jepang. Cita rasa dan aroma yang khas dari matcha menjadi daya tarik tersendiri yang tidak bisa kamu temui pada jenis teh lainnya. 

Matcha juga memiliki berbagai khasiat bagi tubuh. Salah satunya membantu mengatur nafsu makan berkat kandungan katekin yang bisa menghambat pergerakan glukosa menjadi sel-sel lemak. Untuk memperlambat kenaikan gula darah dan penyimpanan lemak selanjutnya. Karena manfaatnya dalam mengurangi nafsu makan, matcha direkomendasikan bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. 

Jasumin-cha

Tidak hanya memiliki cita rasa yang lebih kuat, aroma harum yang berasal dari seduhan bunga melati membuat jenis teh Jasumin-cha begitu digemari oleh banyak orang. Jasumin-cha sendiri dibuat dengan menggabungkan bunga melati dengan teh hijau sebagai bahan dasarnya. 

Jika dibandingkan dengan jenis teh lainnya, Jasumin-cha termasuk teh rendah kafein. Sehingga cocok bagi kamu yang tidak mengonsumsi kafein berlebihan. Jenis teh yang satu ini juga menawarkan manfaat yang baik bagi tubuh. Mulai dari melindungi kekebalan tubuh dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dimilikinya. Serta membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Mugicha


Berbeda dari jenis teh pada umumnya, bahan utama dalam pembuatan jenis teh Mugicha justru tidak menggunakan daun teh sama sekali. Melainkan menggunakan barley sebagai bahan utamanya. Barley merupakan biji-bijian yang berasal dari tanaman liar menyerupai gandum. Setelah panen selesai, barley kemudian disangrai hingga mengeluarkan aroma, lalu diseduh seperti teh biasanya. Meski begitu, Mugicha juga memiliki berbagai khasiat bagi tubuh. Kandungan antioksidan alami bermanfaat untuk menangkal dampak buruk sinar UV dan radikal bebas yang masuk ke tubuh. 


 Gobocha 


Mirip dengan Mugicha, Gobocha juga termasuk dalam jenis teh alternatif khas Jepang. Teh jenis ini terbuat dari serutan ‘gobo’ atau akar burdock sehingga rasanya sangat organik dan memiiliki aroma yang cukup kuat. Di samping cita rasanya yang unik, Gobocha juga diyakini memiliki manfaat kesehatan dan seringkali diminum oleh masyarakat Jepang yang sedang diet atau ingin memperbaiki warna kulit.


READ MORE ON THIS TOPIC