5 Tips untuk Minimalisir Tampilan Pori-Pori | CoolJapan

Sumber foto: Clozette Ambassador Sophietahir 


Clozetters, sering terganggu dengan tampilan pori-pori wajah yang besar? Hmm, sebenarnya bisa nggak, ya, kita meminimalisir size pori-pori supaya kulit terlihat lebih mulus? Sebelum tahu jawabannya, sepertinya kita harus menelaah pori-pori dan fungsinya lebih lanjut nih, Clozetters. Dilansir dari artikel di cosmopolitan.com, pori-pori merupakan bukaan yang terlihat dari folikel bulu halus pada wajah yang terhubung ke kelenjar minyak. Meskipun kita ingin pori-pori ini invisible, fungsinya ternyata banyak, yakni sebagai jalan keluar keringat dan minyak alami kulit a.k.a sebum. 

 

Nah, faktor genetik ternyata memengaruhi tampilan pori-pori, Clozetters. Untuk yang satu ini pastinya tak bisa kita otak-atik. Namun, ternyata ada faktor-faktor lain yang bikin pori-pori kita lebih besar, seperti usia dan paparan sinar matahari, atau ketika pori-pori ini tersumbat oleh kotoran, minyak, dan bakteri. Kamu dengan jenis kulit berminyak biasanya punya pori-pori yang lebih besar karena produksi sebum di kulitmu lebih banyak dibandingkan pemilik kulit kering. 

 

Tampilan pori-pori sebenarnya nggak bisa kita kecilkan secara permanen, Clozetters. Tapi tenang aja, kita bisa melakukan beberapa rutinitas untuk membersihkan dan merawat pori-pori agar terhindar dari sumbatan-sumbatan kotoran dan minyak yang bikin tampilan pori kelihatan lebih besar. Untuk tahu selengkapnya, yuk, baca artikel di bawah ini! 



 
Sumber foto: Clozetter Janejaneveroo 

1.     Rajin Mencuci Wajah 

 

Jangan malas untuk berhadapan dengan cleanser, karena pengaruhnya ke pori-pori kita luar biasa, lo. Di pagi hari, kamu bisa menggunakan gentle cleanser untuk mengawali skincare routine. Malam harinya, wajib banget buat double cleansing menggunakan oil-based cleanser atau cleansing balm sebelum dilanjutkan dengan gentle cleanser yang harus dibilas.

 

Nah, jika Clozetters sering berolahraga, kamu juga wajib bersihkan wajah sebelum dan selesai work out. Fungsinya supaya nggak ada bakteri, kotoran, dan sebum yang terjebak di pori-pori dan bikin tampilannya semakin besar. So, invest in good & gentle cleansers, Clozetters! 


 

2.     Manfaatkan Ice Roller 

 

Ternyata selain bikin kulit nyaman berkat kesejukannya, ice roller bisa mengurangi tampilan wajah yang puffy dan meminimalisir tampilan pori-pori, Clozetters. Efeknya memang hanya beberapa jam, tapi lumayan banget terutama jika digunakan sebelum ber-makeup. 


  

3.     Gunakan Skincare yang Berfokus pada Pori-pori

 

Kamu bisa coba produk-produk yang mengandung AHA dan BHA sebagai eksfoliator untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori secara mendalam. Untuk kulit berminyak, bisa banget nih, menggunakan exfoliating toner 3 kali seminggu, tetapi untuk kamu yang kulitnya sensitif, sekali seminggu saja cukup. 


Nah, buat kamu yang punya kulit kering, bisa cobain produk cleansing yang mengandung baking soda seperti Keana Nadeshiko. Skincare asal Jepang ini gentle di kulit karena selain baking soda, produk-produknya juga mengandung Japanese Rice dan Hyaluronic Acid yang menjaga kelembapan kulit setelah digunakan. 



 

Sumber foto: Clozetter Rahmaaa 


4.     Clay & Charcoal Mask is A Must! 

 

Self-care rasanya kurang lengkap tanpa yang namanya masker ya, Clozetters? Nah, supaya tampilan kulit lebih bersih dan sehat, gunakan clay mask atau charcoal mask secara rutin, at least seminggu sekali, agar pori-porimu semakin terawat. 


 

5.     Gunakan Primer dengan Blurring Effect 

 

Nah, jika tips sebelumnya lebih mengarah ke skincare, kini kita beralih ke makeup, ya? Supaya tampilan pori-pori semakin blur dan terminimalisir dengan baik, jangan lupa gunakan silicone primer dengan tekstur velvety-gel sebelum menggunakan foundation. Dua di antaranya yang bisa kamu coba ialah Benefit Cosmetics The Porefessional Face Primer dan Tatcha The Liquid Silk Canvas. 

 

Bagaimana, Clozetters? Siap merawat pori-pori untuk tampilan wajah yang lebih halus dan sehat? 

 

READ MORE ON THIS TOPIC