5 Tradisi Unik Untuk Menyambut Tahun Baru Di Jepang | CoolJapan


Tak terasa, tahun 2021 akan segera berakhir dalam hitungan hari. Artinya, dalam waktu dekat ini akan ada berbagai tradisi unik yang diselenggarakan oleh setiap negara untuk merayakan pergantian tahun. Jika di Indonesia identik dengan meriahnya atraksi kembang api dan pesta perayaan bersama keluarga dan orang terkasih. Berbeda dengan Jepang, di mana tahun baru atau yang disebut "Oshogatsu", digelar cukup panjang yakni mulai dari tanggal 29 Desember hingga 3 Januari dan diisi oleh serangkaian tradisi unik. Mulai dari menyantap hidangan tertentu hingga menikmati permainan tradisional lainnya. Untuk mencari tahu lebih lengkap, yuk simak artikel berikut ini!


Menyantap Hidangan Soba "Toshikosi" Pada Malam Tahun Baru


Jika bicara hidangan saat tahun baru, tentu yang terlintas di benakmu adalah jagung bakar dan menu bebakaran lainnya, kan? Nah, di Jepang sendiri juga memiliki hidangan khusus yang disantap saat malam tahun baru, yakni soba toshikoshi. Memiliki makna soba yang artinya "pergantian tahun", soba toshikosi merupakan tradisi yang sudah ada sejak era Edo (1603-1868) dan dipercaya dapat mewakili kehidupan panjang dan sehat di tahun yang akan datang. 


Membuat Kue Mochi Secara Tradisional




Selain soba toshikosi, kue mochi yang terbuat dari beras ketan juga menjadi salah satu makanan dan dekorasi paling penting saat Tahun Baru di Jepang. Akan tetapi, jika biasanya kue mochi dibuat dengan mesin. Khusus pada perayaan Tahun Baru, kue mochi hanya dibuat dengan cara "mochitsuki" atau secara tradisional yakni direndam satu malam dan dimasak lalu ditumbuk berulang-ulang di dalam lesung dengan kayu besar sampai menjadi kenyal sehingga siap dibentuk menjadi kue. 


Menyaksikan Matahari Terbit Pertama Kalinya di Tahun Baru


Dijuluki sebagai "negeri matahari terbit", tak heran jika masyarakat Jepang memegang keyakinan bahwa matahari terbit yang pertama kali pada suatu tahun, atau "hatsuhinode", akan mendatangkan banyak keberuntungan. Khususnya jika dilakukan di tempat-tempat yang pemandangan matahari terbitnya sangat indah seperti di gunung atau pantai.


Menikmati Permainan dan Kegiatan Tradisional




Tak jauh berbeda dengan Indonesia, masyarakat Jepang juga memiliki kebiasaan untuk menikmati permainan tradisional saat tahun baru. Seperti di antaranya "hanetsuki", yakni permainan seperti bulu tangkis dengan raket kayu berhias, bermain gasing, layang-layang, hingga "karuta", yang merupakan permainan kartu gaya kuno. Kegiatan tradisional lainnya, seperti kaligrafi dan membaca puisi juga sering dilakukan untuk mengisi waktu liburan selama tahun baru. 


Berburu Fukubukoro


Salah satu hal yang juga ditunggu-tunggu dari malam pergantian tahun adalah year end sale dengan berbagai penawaran menarik. Begitu pun di Jepang, untuk memanfaatkan momen tahun baru, negeri sakura tersebut kerap mengadakan tradisi ”Fukubukuro” yang dikenal sebagai tas keberuntungan. Yap, pada akhir tahun, department store dan sejumlah toko di Jepang mengkurasi barang-barang tertentu dan memasukkannya ke dalam sebuah tas yang kemudian dijual dengan harga super terjangkau. Wah, menarik ya?

READ MORE ON THIS TOPIC