6 Olahan Nasi Khas Jepang Yang Wajib Kamu Coba | CoolJapan



Nasi merupakan makanan pokok bagi sebagian besar negara di Asia termasuk Jepang. Selain kaya akan karbohidrat yang menjadi sumber energi bagi tubuh, nasi juga memiliki anti-inflamasi untuk meredakan kemerahan dan iritasi pada kulit.

Tak hanya di Indonesia, Jepang juga memiliki nasi pulen yang khas. Pecinta nasi tentu akan terpuaskan ketika berkunjung ke Jepang. Ada berbagai olahan nasi khas Jepang yang gurih dan menarik untuk dicoba. Penasaran apa saja? Yuk simak rangkuman dari Clozette berikut ini. 


Donburi





Olahan nasi yang satu ini dapat dikatakan sebagai hidangan paling populer dan mudah ditemukan di Jepang. Donburi merupakan rice bowl khas Jepang yang disajikan bersama variasi topping yang bisa kamu pilih sesuai selera.


Berbeda topping, berbeda pula sebutan namanya. Beberapa jenis Donburi favorit adalah Gyudon (topping daging sapi) , Katsudon (topping katsu), Tendon (topping tempura) dan Oyakodon (topping telur dan ayam). Donburi dijajakan hampir di semua titik kuliner Jepang, mulai dari restoran keluarga, Izakaya, hingga Convenience Store.


Omurice





Omurice (omuraisu) merupakan singkatan dari omelette rice. Olahan nasi yang satu ini juga tak kalah digemari oleh masyarakat Jepang terutama anak-anak karena bentuknya menarik, rasanya enak dan mudah dibuat. 


Layaknya nasi goreng, Omurice adalah nasi yang dimasak dengan saus tomat, mentega, potongan ayam, bawang bombay dan diselimuti dengan telur. Bagi kamu yang ingin menikmati Omurice, kamu bisa datang ke restoran Omurice terbaik di Jepang bernama Kichi Kichi.


Onigiri




sumber foto : Clozetter Yennitanoyo


Tentu kamu tak asing lagi dengan olahan nasi yang satu ini. Telah lama populer termasuk di Indonesia, Onigiri adalah olahan nasi kepal khas Jepang yang diberi berbagai isian seperti tuna, telur, ayam, hingga mayones. Bentuknya yang praktis menjadikan Onigiri juga sangat digemari sebagai makanan yang bisa disantap di manapun dan kapanpun.



Takikomi Gohan





Jepang memiliki nasi campur tradisional bernama Takikomi Gohan. Hidangan ini terbuat dari beras mentah yang dimasak bersama dashi, mirin dan soy sauce. Kemudian diberi pelengkap seperti seafood, daging atau sayuran sehingga menghasilkan cita rasa gurih yang pas.


Ochazuke





Ochazuke merupakan hidangan nasi khas Jepang yang dikonsumsi dengan cara unik. Sebelum menyantapnya, kamu harus menuangkan teh panas ke dalam mangkuk nasi terlebih dahulu.


Selain teh panas yang dituang, kamu juga bisa memberi topping tambahan seperti salmon, seafood atau taburan biji wijen yang bisa disesuaikan dengan selera. Teh yang digunakan pun juga bervariasi, diantaranya adalah hijicha dan teh hijau.


Okayu


Okayu merupakan bubur nasi khas Jepang. Hidangan berkuah ini termasuk salah satu comfort food di Jepang yang biasa dikonsumsi ketika seseorang kurang sehat. Okayu dapat kamu nikmati dengan rasa original atau ditambahkan dengan potongan ubi manis dan umeboshi.


READ MORE ON THIS TOPIC