Berikut Ungkapan Yang Dapat Membantumu Saat Berlibur Ke Jepang | CoolJapan

Saat mengunjungi suatu negara baik untuk berlibur atau perjalanan bisnis, pastinya kamu harus menyiapkan segala sesuatu dengan lengkap. Mulai dari identitas (passport, visa, dan KTP), pakaian, hingga urusan finansial. Seperti yang telah diketahui, Jepang merupakan salah satu destinasi wisata yang paling diminati bagi penduduk Indonesia. Sebelum pergi ke Jepang ada baiknya untuk mengenal beberapa ungkapan dalam Bahasa Jepang untuk memudahkan perjalananmu. Berikut beberapa kalimat yang telah dikelompokan berdasarkan situasi tertentu yang dapat kamu gunakan.


Ungkapan Terima Kasih dan Memohon Pertolongan

Sejak kecil pastinya telah diajari untuk selalu mengucapkan terima kasih. Kamu bisa melakukannya di Jepang dengan menyebutkan Arigato Gozaimas (Arigato: Gozaimas). Adapun ucapan terimakasih yang lebih sopan, yaitu Doumo Arigatou Gozaimasu (do:mo arogato: gozaimas).

Saat kamu pergi ke suatu tempat untuk menikmati pemandangan atau berbelanja, pastikan kamu mengingat ungkapan sederhana ini, Sumimasen (Sumimasen) yang artinya permisi. Untuk memilih suatu barang saat berbelanja kamu dapat dengan mudah mengucapkan Kore, Onegaishimasu (Kore, onegai shimas) yang diartikan sebagai “Tolong, yang ini” atau “Saya mau yang ini”.

Ungkapan saat di Restoran

Setelah menikmati pemandangan dan berbelanja, pastinya kamu harus makan untuk mengisi kembali energi yang habis. Setibanya di restoran kamu dapat mengucapkan, Futari desu (Ftari des) dengan arti “Tolong meja untuk 2 orang). Kamu dapat mengganti kata Futari dengan jumlah lainnya seperti Hitori (1), San’nin (3), Yonin (4), dan seterusnya. Selain itu terdapat kalimat yang harus kamu ingat untuk memilih tempat yang tepat, yaitu Kin’enseki, Onegaishimasu (Kin enseki onegai Shimas) “Saya ingin (duduk) di non-smoking) atau Kitsuenseki, onegaishimasu (Kitsuen seki onegai shimas) “ saua ingin dudul di smoking room”.

Ungkapan Saat Ingin Berfoto

Saat berlibut pastinya kamu tidak akan pernah lupa untuk mengabadikan momen dengan mengambil foto. Jika kamu ingin meminta tolong untuk difoto, ucapkan dengan sopan Shashin i:deska. Jepang identik dengan cosplay yang sangat menarik untuk diabadikan. Kamu dapat berfoto dengan cosplay dengan mengucapkan Issyo ni totte kuremasenka? “Bolehkah saya berfoto dengan anda” atau Syasin wo totte iidesuka? “Bolehkah saya memotret anda?”. 

Ungkapan Saat di Penginapan

Setibanya di penginapan tentu ada beberapa hal dibutuhkan, seperti Wi-fi. Kamu dapat bertanya “Apakah ada Wi-fi?” dengan mengucapkan Wi-fi wa, arimasuka? (waifaiwa arimaska). Ada beberpaa kalimat lainnya yang dapat kamu hafal saat dipenginapan, yaitu Airon wa arimasuka (Airon wa arimaska) “Apa ada setrikka?”, Chizu wa arimasuka (chizu wa arimaska) “Apa ada peta?”, dan Tokyo-eki wa doko desuka (to”kyo:ekiwa:dokodesuka) “Stasiun Tokyo di mana?”.

READ MORE ON THIS TOPIC