Ingin Meniru Desain Rumah Minimalis Ala Jepang? Yuk, Intip 6 Cara Ini | CoolJapan


Bukan sebuah rahasia lagi bahwa Jepang dikenal dengan interior rumahnya yang bergaya minimalis. Hal ini dikarenakan filosifi Zen di Jepang tidak hanya terbatas bagi individu saja, melainkan juga merambah pada dunia interior.

Prinsip desain yang selalu ditekankan oleh Jepang pada setiap interiornya adalah kesan simpel dan ketenangan. Tujuannya adalah untuk menciptakan atmosfer sejuk dan rasa damai bagi penghuninya. 

Kini, tren rumah minimalis ala Jepang pun sukses menebar pengaruhnya hingga ke seluruh penjuru dunia. Jika kamu termasuk salah satu yang ingin mengadopsi desain rumah minimalis Jepang, yuk simak rangkuman Clozette di bawah ini.


Pilih Palet Dengan Warna Netral




Demi mempertahankan konsep desain yang natural, rumah Jepang selalu menggunakan warna-warna netral yang selaras dengan alam. Seperti di antaranya warna coklat muda, putih, krem, hijau hingga abu abu. 

Berbagai warna terang dan mencolok tidak disarankan untuk desain rumah ala negeri sakura tersebut. Sementara jika ingin mengatasi kesan monoton pada rumah Jepang, kamu bisa memilih alternatif lain yaitu warna-warna gelap dari corak tanah atau bebatuan, misalnya warna merah bata dan oranye tua.


Maksimalkan Open Space dan Pencahayaan Alami




Karakteristik lain dari rumah Jepang adalah open space dan pencahayaan alaminya yang maksimal. Masyarakat Jepang percaya bahwa cahaya matahari yang mengisi rumah mampu menciptakan suasana menenangkan pada sebuah ruangan.

Agar cahaya bisa masuk ke dalam rumah dengan maksimal, kamu dapat mendesain jendela dengan ukuran besar dan pastikan bahwa tidak ada yang menghalangi jendela, seperti gorden yang tebal dan berat. Sebagai gantinya, kamu bisa memilih tirai transparan atau tirai bambu untuk menambah kesan natural.


Perbanyak Aksen Garis Horizontal Pada Saat Mendekorasi




Kunci lainnya untuk meniru kesan simpel dan elegan dari desain rumah ala Jepang ialah dengan memperbanyak aksen garis horizontal yang tegas pada saat mendekorasi. Selain menuntun pandangan mata untuk melihat keseluruhan ruangan, garis horizontal juga mampu menyeimbangkan energi di dalam rumah.


Gunakan Material Kayu atau Bambu




Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan elemen kayu dan bambu yang sangat umum dijumpai pada desain rumah ala Jepang. Mulai dari dinding, pintu, meja, kursi hingga pernak pernik rumah Jepang, seluruhnya terbuat dari material kayu asli.

Bahkan, orang Jepang juga biasa mengganti lantai dengan material kayu atau tatami. Tekstur kayu yang digunakan sebagai lantai rumah ala Jepang dipercaya mampu menghangatkan rumah saat udara dingin, dan membuat rumah terasa sejuk saat udara panas.


Menambahkan Tanaman Hijau di Dalam Ruangan 




Budaya Jepang sangat menghargai dan mencintai alam. Oleh karena itu, masyarakat di sana selalu berusaha menjaga relasi yang erat dengan alam bebas. Salah satu caranya dengan menambahkan tanaman hijau sebagai dekorasi di dalam ruangan.

Tanaman hias yang biasa dipilih masyarakat Jepang antara lain, bonsai, anggrek bambu, hingga bunga lainnya. Akan tetapi, pastikan keseluruhan tampilan ruanganmu tetap simpel dan tidak berlebihan dengan menambahkan tanaman hijau secukupnya.


Ciptakan Kesan Cerah dan Luas Pada Setiap Sudut Rumah




Rumah di Jepang umumnya memiliki sebuah prisnip, yaitu less is more atau jangan sampai rumahmu terlihat “penuh”. Karena itu, Clutter atau pernak pernik yang kerap membuat rumah terasa sempit adalah sesuatu yang perlu kamu hindari jika ingin meniru gaya rumah ala Jepang.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah memilih furnitur minimalis dan multifungsi agar tidak terlalu memakan tempat. Selain itu, usahakan juga semua barang yang dipajang adalah benda yang memang penting dan kamu gunakan setiap hari. Hal ini dilakukan untuk menciptakan kesan luas pada setiap sudut rumah.

READ MORE ON THIS TOPIC