Intip Cara UNIQLO Mengurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai | CoolJapan


Sebenarnya tak ada yang salahdengan plastik jika digunakan untuk hal-hal yang bersifat kontinu. Materialyang satu ini amat berguna untuk berbagai keperluan rumah tangga seperti mesincuci, kulkas, wadah bekal makanan, dan sebagainya. Dari segi produsen alat-alattransportasi, plastik masih menjadi bahan baku yang penting untuk kendaraan sepertibodi pada mobil, motor, dan bahkan pesawat. Material yang satu ini memangdikenal kuat, mampu mengangkat beban berat, dan tentunya tahan lama.

 

Lalu, penggunaan plastik sepertiapa yang disebut-sebut sebagai pengganggu keseimbangan alam? Jawabannya ialahplastik yang didistribusikan di toko dan pasar swalayan, laludibuang setelah satu kali pakai. Termasuk di dalamnya kantong plastik, botolkemasan minuman, dan sedotan. Plastik yang menjadi sampah ini terkumpul dilautan dan mengganggu ekosistem yang ada. Hal ini tentu akan memengaruhi seluruhmakhluk hidup yang ada di bumi, termasuk manusia.



Berpartisipasi menjaga kelestarian alam, UNIQLO, fashion brand asal Jepang, tak hanya memproduksi pakaian yang nyaman dan tahan lama. Label ini juga menerapkan beberapa cara untuk mengurangi penggunaan plastik yang ada, di antaranya ialah:

 


1. Mengganti Kantong Plastik Belanja dengan Paper Bag


Sejak bulan September 2019, UNIQLO secara bertahap mengganti penggunaan plastik dengan paper bag dari bahan baku bersertifikat yang ditetapkan oleh Forest Stewardship Council (FSC), kertas hasil daur ulang, dan menjual kantong belanja berbahan katun di tokonya. Untuk kantong plastik belanja masih tersedia di beberapa cabang, namun dipungut bayaran mulai Januari 2020.





2. Mengganti Kemasan Produk


Untuk akhir tahun 2020 kelak, UNIQLO memiliki goal untuk mengurangi packaging dari produk HEATTECH, AIRism dan lainnya sebanyak 85%.



3. Mengganti Material Gantungan Baju


Meskipun masih diperbincangkan, UNIQLO berupaya untuk mengganti gantungan plastik yang digunakan untuk BRATOP dengan material yang lebih ramah lingkungan

 


4. Memproduksi Pakaian dari Botol Plastik


Salah satu hal unik yang dilakukan UNIQLO adalah mengubah botol PET (polyethylene terephthalate) menjadi sebuah pakaian dengan performa tinggi. Masuk ke dalam lini UNIQLO Dry-EX, inovasi ini merupakan hasil kolaborasi antara UNIQLO dengan partnernya, Toray Industries. Botol PET yang ada diubah menjadi serat benang dengan teknologi khusus, lalu dikembangkan menjadi material pakaian yang lembut, ringan, nyaman, dan mudah kering. Koleksi yang cocok digunakan untuk berolahraga ini akan dirilis UNIQLO dalam waktu dekat.


READ MORE ON THIS TOPIC