Intip Uniknya Perpaduan Mochi Dan Saus Edamame Khas Jepang | CoolJapan


Jika berbicara mengenai kuliner khas Jepang, mochi menjadi salah satu hidangan yang langsung terlintas di pikiranmu, bukan? Selain rasa dan teksturnya yang unik, olahan mochi ternyata juga memiliki variasi yang sangat beragam, lho. Hampir setiap kota di Jepang menawarkan kreasi mochi yang jarang kamu jumpai. Salah satunya adalah kreasi mochi dari Kota Sendai, Tohoku, yang dikenal dengan olahan mochi bernama Zunda Mochi. 

Memiliki sejarah yang cukup unik, Zunda Mochi pertama kali diperkenalkan dari sebuah prefektur di Jepang yang bernama Miyagi. Camilan lezat yang satu ini juga terbilang legendaris karena sudah ada sejak zaman negara berperang, tepatnya pada periode Sengoku di tahun 1467 - 1615 lalu.


Berbeda dengan mochi pada umumnya, zunda mochi disajikan bersama saus edamame khas Jepang. Perpaduan rasa kenyal dari mochi dan cita rasa khas dari edamame yang manis membuat dessert satu ini begitu digemari masyarakat Jepang, terutama untuk disantap bersama teh hangat. Tak hanya itu, Zunda Mochi juga mengandung nutrisi yang cukup tinggi sehingga cocok bagi kamu para vegan atau memiliki alergi pada produk berbahan susu. 




Di samping rasanya yang lezat, cara membuat Zunda Mochi pun terbilang mudah dan bisa dikreasikan sendiri di rumah, Clozetters. Kamu cukup menyiapkan beberapa bahan seperti mochi, edamame, susu kedelai, dan gula. Pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengupas edamame daitsabu atau berjenis ready to eat kemudian rendam sebentar dengan air hangat. Kemudian, siapkan food processor, masukkan kacang edamame, gula dan susu kedelai, dan blender hingga halus. Setelah itu, campurkan dengan susu kental manis cokelat. Tata mochi di piring dan kemudian tuangkan saus edamame di atasnya. Zunda Mochi pun siap dihidangkan. 

Mudah sekali kan cara membuatnya? Zunda mochi dapat kamu nikmati saat bersantai di akhir pekan ataupun sebagai teman minum teh. Selamat mencoba, Clozetters!

READ MORE ON THIS TOPIC