It’s Time To Try The Japanese 4-Step Skincare Routine | CoolJapan


Bicara soal tren kecantikan, dapat dikatakan Korea dan Jepang sama-sama memiliki pengaruh yang cukup besar dalam pembentukan tren perawatan kulit di dunia. Bahkan, beberapa tahun terakhir, tren kecantikan Korea seperti glass skin, sheet masks, dan 10 langkah perawatan kulit juga mulai populer hingga ke negara lain yaitu Amerika dan Indonesia. 

Jika di Korea terkenal akan perawatan glass skin, berbeda dengan Jepang yang justru mempopulerkan tren skinmalism dalam rutinitas perawatan wajahnya. Tahapan skincare yang lebih sederhana tersebut bertujuan untuk menyesuaikan kebutuhan kulit agar tetap terjaga kelembapannya dan kenyal seperti mochi-hada (kulit mochi). Tak heran, jika kini perawatan kulit a la Jepang kembali digandrungi oleh para beauty enthusiast di seluruh dunia. 

Untuk mendapatkan kulit kenyal bagai mochi, terdapat empat langkah sederhana yang bisa kamu terapkan setiap hari. Bagi kamu yang penasaran, yuk simak rangkuman Clozette berikut ini.


Double Cleansing

Sepertinya, apapun negaranya tahap double cleansing memang termasuk krusial, ya. Hal ini dikarenakan double cleansing mampu membersihkan wajahmu secara menyeluruh sebelum lanjut ke step skincare selanjutnya. Dalam hal memilih cleanser, masyarakat Jepang biasa mengandalkan cleansing oil sebagai langkah pertama karena dapat membersihkan sisa makeup serta kotoran seperti keringat, debu, polusi dan lain sebagainya. Setelah membersihkan sisa makeup dan kotoran menggunakan cleansing oil. Kamu pun bisa lanjut membersihkan wajah menggunakan facial wash andalanmu.


Softener

Dalam skincare routine a la Jepang, tahap kedua usai membersihkan wajah adalah menggunakan softener. Bagi kamu yang belum familiar, softener merupakan produk liquid hydrator yang berfungsi untuk memberi kelembapan sekaligus menghaluskan tekstur kulit. Softener biasa digunakan masyarakat Jepang setelah mencuci wajah dengan cara diusap secara lembut menggunakan kapas. Saat ini, sudah banyak produk softener yang bisa kamu beli di pasaran, Clozetters. Salah satu yang menjadi favorit adalah SHISEIDO Treatment Softener.


Beauty Liquid 
 
Tahapan selanjutnya adalah menggunakan produk skincare yang menyerupai serum dan ditujukan untuk mengurangi tanda penuaan seperti kulit kusam, kerutan, atau noda hitam. Produk skincare yang satu ini dikenal dengan sebutan ‘biyoueki’ oleh masyarakat Jepang atau jika diartikan adalah beauty liquid. Sama seperti face serum pada umumnya, beauty liquid juga hadir dengan berbagai kandungan yang memiliki manfaat untuk mengatasi masalah kulit.  Seperti di antaranya kandungan vitamin C dan Kojic Acid untuk mencerahkan kulit kusam. Formula Ceramide dan Kolagen yang ampuh mengurangi kerutan pada wajah.


Moisturizer

Untuk mengunci kelembapan kulit dan kandungan baik dari skincare yang telah kamu aplikasikan sebelumnya. Kini saatnya kamu menggunakan moisturizer sebagai tahap terakhir dalam perawatan kulitmu. Terdapat ragam jenis pilihan moisturizer yang bisa kamu pilih sesuai jenis kulit. Mulai dari tekstur krim, gel, hingga minyak seperti face oil.  Kamu juga bisa memilih moisturizer berdasarkan musim seperti masyarakat Jepang lho, Clozetters. Jika musim panas, kamu dapat menggunakan moisturizer dengan tekstur yang ringan. Sebaliknya, saat musim dingin tiba, kamu bisa memilih moisturizer dengan tekstur yang lebih rich atau kental untuk melindungi kulit agar tidak dehidrasi dan kering.

READ MORE ON THIS TOPIC