Kakigori, Es Serut Tradisional Khas Jepang Yang Wajib Kamu Coba | CoolJapan


Dikenal sebagai negara yang memiliki segudang kuliner lezat dan menggugah selera, hidangan khas Jepang selalu berhasil mencuri perhatian para wisawatan dunia. Tidak hanya makanan, Jepang juga menyimpan berbagai jenis dessert dengan citarasa unik yang menarik untuk dicoba. Salah satu yang paling populer adalah Kakigori

Dessert yang satu ini terkenal akan ciri khasnya yang terdiri dari es serut dengan perpaduan sirup buah dan susu kental manis. Dalam penyajiannya, Kakigori biasa dihidangkan bersama aneka topping yang bisa kamu pilih sesuai selera. Mulai dari potongan buah, es krim, kacang merah, hingga wijen hitam.


Selain rasanya yang lezat, Kakigori juga menjadi salah satu dessert legendaris khas Jepang yang telah hadir sejak periode Heian atau sekitar abad ke-11. Pada masa tersebut, Kakigori dibuat dari sebongkah balok es yang dihancurkan dengan pisau, lalu diletakkan dalam mangkuk logam hingga menggunung. Kemudian, es yang telah diserut disiram dengan cairan manis yang terbuat dari tanaman merambat seperti hydrangea dan ivy

Seiring dengan perkembangan zaman. Kini Kakigori telah dimodifikasi sedemikian rupa hingga menghasilkan citarasa dan topping yang semakin beragam. Bahkan, beberapa gerai es lokal di Jepang juga mulai mengkreasikan Kakigori dengan pilihan rasa unik seperti matcha, vanilla, hingga nutella. 




Berkat cara penyajiannya yang sederhana namun kaya akan rasa, menjadikan Kakigori sebagai dessert favorit yang selalu diincar masyarakat Jepang dan turis mancanegara terutama saat musim panas tiba. Bagi Clozetters yang belum sempat berkunjung ke Jepang namun ingin mencicipi kesegaran dari Kakigori. Kabar baiknya, kini banyak cafe di Indonesia yang menawarkan Kakigori dengan kreasi yang tak kalah unik, lho. 

Salah satu yang rekomendasi yang wajib kamu kunjungi adalah Kamakura yang terletak di kawasan Blok M, Jakarta. Kafe a la Jepang yang satu ini menawarkan sajian Kakigori dengan aneka topping dan rasa yang menggoda. Sebut saja Kakigori dengan rasa Thai Tea yang disajikan bersama foam susu dan siraman Thai tea syrup yang pekat. Sebagai pelengkap, Kamakura juga menambahkan es krim vanilla dan gula cair untuk mempermanis cita rasanya. 




Sementara, jika kamu ingin mencoba Kakigori dengan bentuk unik, Sumoboo bisa menjadi opsi terbaikmu. Gerai dessert khas Jepang ini memang terkenal dengan sajian Kakigorinya. Berbeda dengan Kakigori pada umumnya, di sini kamu bisa menjumpai es serut dengan bentuk wajah beruang yang menggemaskan. Pilihan rasanya pun beragam, mulai dari vanilla, cokelat, strawberry, matcha, hingga ogura.Yummy!

READ MORE ON THIS TOPIC