Kokedama, Seni Berkebun Unik Ala Jepang Yang Bisa Kamu Tiru Di Rumah | CoolJapan


Jika berbicara tentang Jepang, negara yang dijuluki sebagai negeri matahari tersebut memang selalu menawarkan berbagai hal menarik untuk diulik lebih jauh. Mulai dari budaya, teknologi, pendidikan, hingga seni berkebun yang unik.

Tidak hanya terkenal dengan seni merangkai bunga Ikebana, rupanya Jepang juga masih menyimpan berbagai metode menanam unik yang tak kalah populer. Salah satunya adalah KokedamaBerasal dari bahasa Jepang, yakni ‘koke’ yang artinya lumut dan ‘dama’ yaitu bola. Jika disatukan, Kokedama berarti bola lumut yang terbuat dari tanah yang dibentuk bundar dan dihiasi dengan tanaman indah di sekelilingnya.




Kokedama merupakan wujud seni tanaman modern khas Jepang yang memadukan dedaunan dan bunga dengan ciri khas yang unik. Sejak mulai populer di Indonesia, banyak orang yang berlomba-lomba untuk menguasai teknik membuat Kokedama. Baik untuk dinikmati sendiri sebagai dekorasi rumah atau dihadiahkan kepada orang lain.


Bentuknya yang artistik menjadikan Kokedama juga biasa dimanfaatkan sebagai dekorasi unik untuk menambah nilai seni pada ruangan. Kamu dapat meletakkan Kokedama di atas meja atau digantung di sudut-sudut ruangan rumah.




Bagi kamu yang tertarik dengan tanaman hias yang satu ini, pembuatan Kokedama pun terbilang cukup mudah dan tidak memakan banyak waktu. Pertama, siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan seperti tanah, kompos, lumut, tanaman kecil (tiny plant) dan tali goni. Selanjutnya, campurkan tanah, kompos dan lumut menjadi satu dan bentuk hingga menjadi bola yang sempurna. Dalam tahap ini, kamu boleh menambahkan sedikit tanah liat agar struktur bola mampu menahan akar tanaman dengan baik.

Setelah itu, pastikan bahwa akar tanaman telah dibersihkan, lalu lubangi tanah dan masukkan tanaman kecil yang diinginkan. Terakhir, kamu bisa melapisi media tanam tersebut dengan tali goni sebagai pemanis.

Berbeda dari tanaman pada umumnya, Kokedama juga memiliki keunikan yaitu tidak membutuhkan pot dan penyiraman yang minim. Kamu cukup memberikan perawatan dengan rutin merendam Kokedama selama 2 jam untuk tanaman ini bertahan hingga 1 minggu. Karena itu, Kokedama bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin bercocok tanam namun tidak memiliki banyak waktu untuk merawatnya. Bagaimana Clozetters? Tertarik mencobanya?

READ MORE ON THIS TOPIC