Mengenal Kakeibo, Seni Menghemat Uang Ala Jepang Yang Bisa Kamu Tiru | CoolJapan



Seperti yang kita ketahui,perencanaan keuangan yang tepat secara tidak langsung bisa meningkatkan kualitas hidup seseorang. Salah satu bentuk perencanaan finansial yang mudah dilakukan adalah mencatat semua pemasukan dan pengeluaran.

Kini, banyak cara untuk mencatat seluruh pengeluaran dan pemasukan harianmu. Mulai dari menggunakan aplikasi hingga menerapkan metode mengatur keuangan yang diadaptasi dari budaya Jepang, yakni Kakeibo.

“Kakeibo” (‘kah-keh-boh’) merupakan sebuah budgeting journal yang telah menjadi gaya hidup masyarakat di Jepang. Metode ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang jurnalis Jepang bernama Hani Motoko pada tahun 1904. Hingga saat ini, Kakeibo semakin populer semenjak buku Kakeibo: The Japanese Art Of Saving Money, karya Fumiko Chiba, sukses diluncurkan di seluruh dunia.

Dalam penerapan Kakeibo, kamu tidak perlu menggunakan aplikasi, melainkan cukup dengan mencatatnya di buku. Terdapat 4 langkah mudah bagaimana kamu bisa menerapkan Kakeibo dalam mengatur keuanganmu. Penasaran? Berikut rangkumannya.


Lakukan Tinjauan Tahunan


Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat tinjauan tahunan. Pada langkah ini, kamu dapat mencatat pengeluaran yang mungkin terjadi setahun sekali dan rincian keuangan apa saja yang harus diselesaikan selama 12 bulan ke depan. Langkah ini cukup kamu lakukan satu kali setiap awal tahun.


Buat Rencana Pengeluaran Bulanan


Berbeda dengan langkah pertama, di langkah kedua ini kamu perlu melakukannya setiap bulan. Caranya, kamu harus mencatat sumber penghasilanmu terlebih dahulu dan beri keterangan rinci seperti pendapatan gaji, freelance atau penghasilan tambahan. Kemudian jumlahkan totalnya.

Lalu, kamu juga perlu mencatat pengeluaran tetap setiap bulan dan jumlahkan seluruhnya. Jika sudah diketahui angkanya, kurangi pendapatan dengan pengeluaran tetap. Angka tersebut merupakan jumlah uang yang kamu miliki.


Tentukan Pengeluaran Mingguan


Setelah menghetahui gambaran besar dari pengeluaran tahunan dan bulanan, langkah Kakeibo selanjutnya adalah memusatkan perhatian pada pengeluaran mingguan. Agar bisa menentukan berapa banyak uang yang harus dikeluarkan, ambil jumlah uang yang tersedia dan bagi dengan jumlah minggu dalam sebulan. Hasilnya merupakan berapa banyak uang yang dapat kamu belanjakan selama seminggu.


Dalam Kakeibo, klasifikasi pengeluaran dibagi ke dalam empat kategori, yaitu kebutuhan bertahan hidup, kebutuhan keinginan, kebutuhan tambahan dan kebutuhan kultural. Catat setiap pengeluaran yang dilakukan dalam seminggu lalu klasifikasikan seluruh pengeluaran ke dalam empat kategori tersebut.



Lakukan Tinjauan dan Analisis Bulanan


Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah meninjau dan menganalisis keuanganmu dalam sebulan. Kamu cukup meluangkan waktu beberapa menit untuk meninjau apakah keuanganmu berhasil mencapai target tabungan di bulan tersebut atau tidak. 


Jika belum tercapai, tuliskan pengeluaran terbanyakmu ke dalam beberapa kategori dan perbaikan seperti apa yang harus kamu lakukan di bulan selanjutnya. Dengan begitu, kamu akan memiliki referensi dalam merencanakan keuanganmu ke depannya. 


Itulah keempat langkah yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan metode Kakeibo agar kamu bisa menabung lebih banyak dan mengatur pengeluaran dengan lebih baik. Selamat mencoba, Clozetters.



READ MORE ON THIS TOPIC