Mengenal Skin Fasting, Metode Kecantikan Asal Jepang Yang Bisa Kamu Coba | CoolJapan


Kini setiap perempuan tidak lagi hanya mendambakan tampilan kulit wajah yang cerah, melainkan juga sehat dan terhindar dari berbagai masalah kulit. Beragam cara pun dilakukan demi meraih kulit impian, termasuk mencoba sederet metode kecantikan.

Hingga saat ini, sudah cukup banyak metode kecantikan yang ditawarkan oleh para dermatologis kulit. Tentunya masing-masing metode menawarkan beragam manfaat yang berbeda tergantung jenis kulitmu. Salah satu metode kecantikan terbaru yang patut dicoba adalah Skin Fasting.

Sesuai namanya, Skin Fasting merupakan metode kecantikan untuk mengajak kulit wajah ‘berpuasa’ dari penggunaan skincare. Tujuannya agar kulit memiliki waktu ‘bernapas’ dari segala terpaan bahan kimia yang mungkin terkandung dalam salah satu produk skincare-mu.

Skin fasting awalnya dipopulerkan oleh sebuah brand perawatan kulit dan tubuh asal Jepang, bernama Mirai Clinical. Mereka percaya bahwa tradisi puasa tidak hanya dapat diterapkan untuk tubuh, tetapi juga pada kulit wajah sebagai salah satu cara untuk mendetoksifikasi kulit.


Mengutip dari Bustle, Mirai Clinical berpendapat bahwa kulit memiliki kemampuan untuk merawat dirinya sendiri selama kamu memberi kesempatan. Artinya, kamu perlu memberi kulit ‘istirahat’ dari beragam produk kecantikan, agar kulit berkesempatan untuk bekerja sendiri memperbaiki permasalahan di dalamnya.

Tak perlu khawatir kulitmu akan terasa kering selama menjalani metode skin fasting, sebab kulit mampu menghasilkan zat minyak atau dikenal dengan sebum. Sebum sendiri terdiri dari berbagai asam lemak yang bekerja sebagai pelembap alami untuk mencegah dehidrasi pada kulit.

Manfaat Skin Fasting

Membiarkan kulit ‘bernapas’ diyakini memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan kulit. Selain untuk detoksifikasi kulit, kamu pun akan merasakan kulitmu lebih lembap. Tak hanya itu, Skin Fasting juga mampu menangkal radikal bebas, mencegah penuaan dini, hingga membuat kulit tampak lebih segar dan sehat.

Akan tetapi, sayangnya tidak semua jenis kulit bisa melakukan skin fasting. Metode ini akan bekerja kurang maksimal jika wajahmu tengah mengalami masalah jerawat atau eksim karena diperlukan perawatan tambahan. Karena itu, skin fasting sangat disarankan bagi kamu yang memiliki tipe kulit wajah normal.


Waktu Yang Tepat Untuk Mencoba Skin Fasting 

Jika kamu penasaran dan ingin membuktikannya sendiri, waktu yang tepat untuk mencoba Skin Fasting ialah pada saat pergantian musim atau libur panjang. Kamu bisa melakukan metode ini selama satu hingga dua minggu. 

Mirai Clinical juga memberi pedoman tambahan bagi kamu yang ingin mencoba metode skin fasting. Biasakan untuk menggunakan air hangat pada saat mencuci wajah, perbanyak minum air putih, dan pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi agar hasilnya semakin maksimal. Bagaimana Clozetters? Kamu tertarik mencobanya?

READ MORE ON THIS TOPIC