Mengintip Keunikan Ramune, Minuman Berkarbonasi Khas Jepang | CoolJapan

Sumber foto: @sangariausa


Musim panas di Jepang memang sudah berakhir. Akan tetapi, hal-hal yang berkaitan dengan musim panas tetap menjadi favorit di saat-saat tertentu. Salah satunya ialah minuman berkarbonasi yang kerap disebut soda. Di Jepang, terdapat sebuah brand soda yang identik dengan keceriaan musim panas, yakni Ramune. Minuman legendaris ini pertama kali hadir di Kobe tahun 1800an, dibawa oleh seorang apoteker asal Skotlandia bernama Alexander Cameron Sim. Saat ini, Ramune diproduksi oleh dua perusahaan, yakni Hatakosen, sebuah perusahaan terkemuka di bidang minuman, dan Sangaria, perusahaan Osaka yang kerap dikaitkan dengan Japan Pop Culture.

 

Tak hanya membawa angin segar di Jepang pada masa itu, Ramune juga dikenal dengan berbagai keunikan lainnya. Yuk, simak lebih lanjut dalam ulasan di bawah ini.


Berasal dari Kata “Lemonade”


Nama Ramune ternyata berasal dari kata “lemonade”, sebuah minuman berbahan dasar air, lemon, dan sirup pemanis yang menyegarkan. Karena pelafalan yang berbeda, masyarakat Jepang menyebut lemonade sebagai “ramune” sehingga brand ini mengambil kata tersebut sebagai identitasnya.



Bentuk Botol dan Kelereng sebagai Sumbatnya


Keunikan selanjutnya terletak di bentuk botol Ramune yang disebut Codd-neck bottle. Sebutan ini diambil dari nama penemunya, Hiram Codd. Botol Ramune terbuat dari kaca dengan kelereng sebagai sumbatnya. Kelereng tersebut bisa tetap berada di mulut botol berkat tekanan dari minuman berkarbonasi yang ada di dalamnya.


Saat ini, Ramune sudah tersedia dalam kemasan kaleng dan botol plastik. Akan tetapi, kemasan orisinilnya masih digemari karena sensasi yang ditimbulkan ketika membukanya. Penasaran bagaimana cara membuka Codd-neck bottle dan sumbatan kelereng tersebut? Kamu bisa intip video berikut ini. 




Memiliki 55 Varian Rasa, Salah Satunya Rasa Curry


Ramune pertama kali diperkenalkan dalam rasa lemon. Seiring berjalannya waktu, varian rasa Ramune terus dikembangkan hingga setidaknya terdapat 55 pilihan. Beberapa varian yang unik di antaranya ialah Chili Oil, Octopus, Takoyaki, Teriyaki, dan Curry.


 

Hadir Dalam Menu Limited Edition McDonald’s Jepang


Pandemi menyebabkan musim panas tahun ini terasa berbeda. Oleh karena itu, Mcdonald’s Jepang menghadirkan suatu minuman yang mengingatkan masyarakat Jepang akan keceriaan musim panas, yakni Morinaga Ramune McShake. Minuman limited edition ini dirilis pada bulan Mei 2020 lalu dan menawarkan kesegaran lemon berkarbonasi a la Ramune dalam versi milkshake yang manis dan creamy. Berbalut paper cup bergaya retro, minuman ini dibanderol seharga ¥120 untuk ukuran kecil dan ¥200 untuk ukuran medium.

 


READ MORE ON THIS TOPIC