Sumber foto: Tsunagujapan.com


Belakangan ini, muncul satu makanan Jepang yang viral di TikTok. Natto, namanya. Merupakan hasil fermentasi dari kacang kedelai, natto memiliki tekstur unik yang lengket dan berlendir, serta aroma yang kurang sedap. Makanan ini viral melalui ‘Natto Challenge’, di mana mereka yang terlibat berusaha mengonsumi natto terlepas dari aroma menyengat dan rasa yang kurang familiar di lidah. 

 

Di Jepang, natto biasa dimakan dengan nasi hangat sebagai sarapan. Makanan kemasan ini hadir dengan kecap asin dan mustard untuk memberi cita rasa, yang perlu diaduk secara merata sebelum disantap. Di samping rasanya yang terbilang unik, natto ternyata kaya akan protein dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Melibatkan bakteri khusus Bacillus Subtilis dalam fermentasinya, natto hadir dengan enzim nattokinase yang dapat mengencerkan gumpalan darah, membantu kesehatan jantung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta mencegah penyakit hipertensi, angina, dan arteri perifer. 

 

Tak hanya itu, natto juga dilengkapi vitamin K2 yang tinggi untuk memelihara kesehatan tulang. Psst, bagi kamu yang sedang diet, natto juga bermanfaat untuk mencegah peningkatan massa lemak dan massa tubuh, serta meningkatkan metabolisme karena efektif menjaga kesehatan pencernaan, lo! Menarik sekali, bukan? 

 

Bagaimana, Clozetters? Apakah kamu tertarik mencoba makanan viral ini? Share pengalamanmu ketika menyantap natto di Clozette Lifestyle Community, ya!