Mengintip Uniknya Kolaborasi Swatch X MoMA | CoolJapan


Kabar baik untuk kamu pecinta seni. Kini, kamu bisa mengenakan mahakarya dari seniman favoritmu di pergelangan tangan. Pasalnya, Swatch, brand jam tangan asal Swiss, berkolaborasi dengan The Museum of Modern Art (MoMA) untuk edisi spesialnya. Merupakan bagian dari seri Museum Journey, edisi ini menghadirkan 6 kreasi unik yang terinspirasi dari karya seni di koleksi MoMA.

 

Salah satu kreasi yang cukup mencuri perhatian ialah The Starry Night (1889) karya Vincent van Gogh, yang dituangkan dalam bentuk jam tangan berlatar warna biru. Selain The Starry Night, kamu juga bisa menjumpai Hope, II (1907 – 1908) karya Gustav Klimt, The Dream (1910) karya Henri Rousseau, Composition in Oval with Color Planes 1 (1914) karya Piet Mondrian, serta The City and Design, The Wonders of Life on Earth, Isamu Kurita (1966) dan New York (1969) karya Tadanori Yokoo. Keenam koleksi ini bisa kamu dapatkan secara terpisah, atau dalam paket bundle edisi kolektor yang casing-nya didesain secara spesial oleh Swatch dan MoMA. Desain casing tersebut terinspirasi oleh Blade Stair, fitur arsitektur terkemuka dari MoMA.





Tak hanya itu, Swatch juga menghadirkan platform Swatch X You, di mana kamu bisa customize desain jam tanganmu sendiri di swatch.com dan gerai Swatch tertentu. Pada platform ini juga, Swatch menghadirkan kolaborasi dengan seniman Beatriz Milhazes, dengan menyertakan tiga karyanya yang telah dipajang di MoMA: Suculentas Beringelas (Succulent Eggplants) (1996), O Espelho (The Mirror) (2000), dan Meu Bem (2008). Akan ada juga edisi terbatas yang menampilkan desain dari tiap karya Milhazes di MoMA Design Store, New York.



 

Robin Sayetta, Associate Director of Business Development MoMA mengemukakan bahwa kolaborasi ini merupakan salah satu komitmen MoMA untuk menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Tak hanya bagi MoMA, kolaborasi ini juga terasa spesial untuk Swatch, sebagai dedikasi untuk seni dan para seniman abad ke-20. Swatch X MoMA hadir untuk melanjutkan Kerjasama antara kedua belah pihak yang sudah terjalin sebelumnya, seperti tiga jam Swatch yang telah menjadi koleksi permanen MoMA, dan jam-jam Swatch yang telah di-feature dalam empat pameran MoMA. Koleksi terbaru Swatch X MoMA bisa kamu dapatkan mulai tanggal 4 Maret 2021 di gerai Swatch dan MoMA Design Stores.


READ MORE ON THIS TOPIC