Mengintip Uniknya Sushi Berbalut Daun Khas Prefektur Nara | CoolJapan


Saat pertama kali mendengar kata sushi, tentu yang terlintas di pikiranmu adalah potongan ikan segar dan rumput laut (nori) yang disajikan bersama segenggam nasi yang dibentuk kotak atau bulat. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa ternyata sushi juga memiliki tampilan lain yang tidak kalah menarik. Salah satunya adalah Kakinoha-Zushi, sushi unik yang menjadi hidangan khas Prefektur Nara.

Belum banyak diketahui oleh para wisatawan. Kakinoha-Zushi merupakan salah satu jenis sushi yang termasuk dalam narezushi atau jenis sushi tradisional dan sudah cukup tua di Jepang. Berbeda dari sushi yang biasa kamu temui, sushi jenis ini disajikan dalam bentuk nasi putih yang dikepal hingga berbentuk kotak dan dicampur topping potongan ikan makarel yang sudah diasinkan kemudian dibungkus dengan daun kakinoha (persimmon leaf).





Sushi yang sudah terbungkus daun lalu dimasukkan ke dalam kotak kayu, dan bagian atasnya ditindih dengan batu kemudian difermentasikan selama beberapa hari. Kakinoha-Zushi juga termasuk sushi yang dapat bertahan lama, karena daun kakinoha yang digunakan memiliki sifat antibakteri dan garam untuk membuat isi sushi tetap segar meski disimpan dalam jangka waktu yang lama.




Kakinoha-zushi hadir dalam beberapa varian yang bisa disesuaikan dengan seleramu. Mulai dari kakinoha-zushi khas Nara dan Kyoto yang biasanya memiliki topping makarel dan salmon. Ada juga variasi sushi dengan sidat atau kodai (ikan air tawar kecil). Hingga kakinoha-zushi dengan topping alga biru dan udang sakura yang merupakan ciri khas dari prefektur Ishikawa.

Masyarakat Jepang sendiri biasa menikmati Kakinoha-zushi dengan cara mencelupkannya ke dalam kecap asin. Atau, kamu juga bisa langsung menyantapnya begitu saja karena sushi ini sudah memiliki rasa asin yang cukup dominan. Sushi ini cukup populer karena mudah dibawa dan bisa dinikmati sembari berjalan-jalan. 

Meski Kakinoha-Zushi merupakan sushi asli Nara, namun kini kamu juga dapat menemukannya di beberapa gerai daerah Tokyo maupun Osaka. Bagaimana, Clozetters, tertarik mencoba sushi unik yang satu ini?

READ MORE ON THIS TOPIC