Mengulik Sejarah Mi Instan Lewat 3 Museum Di Jepang | CoolJapan


Jepang merupakan salah satu negara dengan sejuta pesonanya yang tak pernah habis untuk dijelajahi. Selain dikenal dengan kecanggihan teknologi dan industrinya, Jepang juga memiliki destinasi wisata menarik yang kerap dilirik para wisatawan dunia. 

Berlibur ke Jepang rasanya tak lengkap jika belum mengunjungi ragam museum unik yang jarang bisa kamu temui di negara lain, salah satunya museum mi instan. Seperti museum pada umumnya, museum mi instan di Jepang menawarkan pengalaman bagi pengunjung untuk mengulik berbagai hal terkait dengan mi instan. Mulai dari melihat replika mi dalam kemasan, garis besar proses pembuatan hingga mencicipi langsung rasa mi instan yang dipamerkan. Penasaran seperti apa? Yuk, simak rangkuman Clozette berikut ini.


Momofuku Ando Instant Ramen Museum




Terletak di Kota Ikeda, museum mi instan legendaris ini didirikan langsung oleh Momofuku Ando, sang pencetus chicken ramen pertama di dunia. Museum ini menghadirkan empat macam daya tarik interaktif dan pameran terkait dengan sejarah dan pentingnya mi instan. 

Kamu bisa melihat ribuan contoh kemasan mi instan serta menyaksikan teater Momofuku dan replika tempat kerja Momofuku memproduksi mi instan pertama kalinya. Selain itu, kamu juga berkesempatan untuk mencicipi dan membuat langsung ramen versimu sendiri di sini. Menarik, ya, Clozetters. 


The Cup Noodle Museum 




Tak jauh berbeda dengan Momofuku Ando Ramen Museum, The Cup Noodle Museum juga didedikasikan untuk mi instan. Museum ini diciptakan untuk mengedukasi masyarakat tentang proses pembuatan mi instan dalam kemasan, termasuk bungkus plastik dan cup. 

Bagi kamu yang penasaran akan sejarah penciptaan mi instan, The Cup Noodle Museum juga menghadirkan fasilitas alat pembelajaran edukatif dan permainan yang menyenangkan tentang mi instan. Kamu juga bisa membuat ramen dengan aneka topping favoritmu di sini. Tertarik mencobanya? Kamu bisa langsung mengunjungi The Cup Noodle Museum yang terletak di daerah Yokohama. 


Shin-Yokohama Ramen Museum




Berbeda dari dua museum sebelumnya, Shin-Yokohama Ramen Museum menghadirkan suasana ala pasar tradisional Jepang di era 1950-an. Museum ini terdiri dari tiga lantai. Lantai pertama, terdapat galeri ramen yang menggambarkan tentang sejarah ramen dan perkembangannya seiring waktu. 

Sementara di lantai dua, kamu bisa melihat dekorasi dengan gaya jalanan tahun 1958, serta delapan kedai mi instan yang menyajikan berbagai varian mi. Tak perlu khawatir, seluruh restoran di sini juga menyediakan mi halal untuk turis muslim yang berkunjung. Berbagai jenis mi bisa kamu nikmati, mulai dari mi tipis, mi tebal, mi keriting, mi hirauchi hingga mi yang disajikan bersama aneka pilihan sup dari sarden, kelp, ayam, dan sapi.

READ MORE ON THIS TOPIC