Menikmati Seni Teater Tradisional Khas Jepang Dalam Pertunjukan Kabuki | CoolJapan



Jepang termasuk salah satu negara dengan ragam budaya khas yang masih terjaga kelestariannya hingga saat ini. Sebelum banyak negara mulai giat mengkreasikan berbagai kekayaan budayanya sebagai daya tarik wisata, Jepang telah menerapkan hal tersebut. Karena itu, tak heran jika banyak budaya khas Jepang berhasil dikenal masyarakat dunia.

Kini, budaya Jepang juga menjadi daya pikat wisatawan untuk berkunjung ke negeri matahari terbit tersebut. Terdapat banyak kebudayaan Jepang yang menarik untuk di-explore, salah satunya adalah menikmati seni teater tradisional khas Jepang, yaitu Kabuki.





Kabuki merupakan kesenian tradisional Jepang berbentuk drama klasik. Seni teater ini muncul pada abad ke-17 oleh seorang perempuan Jepang bernama Okuni. Dalam bahasa Jepang, Kabuki berasal dari kata “kabuku”, yang berarti luar biasa. Ini dikarenakan Kabuki menjadi salah satu tradisi yang paling representatif dengan Jepang.


Dalam pertunjukan ini, kamu bisa menikmati drama yang diiringi dengan nyanyian serta tarian tradisional Jepang yang indah dan memukau. Salah satu yang menjadi ciri khas dari Kabuki adalah makeup dan kostum yang digunakan saat pementasan. Biasanya, para aktor Kabuki menggunakan karakteristik makeup dan cat khusus wajah yang disebut “kumadori”. Kostum Kabuki juga sengaja dibuat ‘hidup’ dan mewah sehingga terlihat menonjol di atas panggung.





Secara garis besar, alur cerita dalam pertunjukan Kabuki diangkat dari berbagai kisah. Mulai dari sejarah Jepang (Jidaimono), hingga kisah yang dilatarbelakangi kehidupan masyarakat Jepang (Sewamono). Pembagian peran dalam Kabuki juga terbagi dalam tiga kategori, yaitu peran perempuan (onnagata), peran laki-laki (tachiyaku), dan peran jahat (kitakiyaku).

Hingga saat ini, pertunjukan Kabuki masih sering dipentaskan dalam berbagai acara di Jepang. Apresiasi dari pemerintah Jepang dan masyarakat yang kian meningkat menjadikan seni teater tradisional ini semakin populer. Tak hanya itu, Kabuki juga telah ditetapkan sebagai 43 karya maestro warisan budaya dunia oleh UNESCO sejak tahun 2005.




Banyak pilihan teater di mana Kabuki dipentaskan. Salah satu yang paling populer adalah Kabuki-za di Ginza, Tokyo. Bangunan modern dengan estetika tradisional ini tidak hanya menawarkan pertunjukan Kabuki, melainkan juga memiliki toko suvenir bertemakan Kabuki yang menarik untuk dikunjungi.

READ MORE ON THIS TOPIC