Psst! Ini dia 5 Metode Skincare yang Wajib Dicoba | CoolJapan

Sumber foto: Pinterest


Merawat diri merupakan salah satu bagian dari self love, terutama bagi para perempuan. Memiliki kulit yang sehat terawat juga merupakan investasi jangka panjang yang didambakan banyak orang.


Beberapa tahun belakangan, beauty industry berkembang sangat pesat, sehingga skincare trend sedang menjamur banget di kalangan beauty enthusiast nih, Clozetters. Mulai banyak bermunculan teknik penggunaan skincare yang bisa kamu terapkan ke dalam skincare routine kamu. Berikut Clozette rangkum 5 di antaranya yang menarik untuk dicoba!


Chizu Saeki Method (CSM)



Sumber foto: Instagram @fiogrecella


Buat kamu yang punya tipe kulit kering, kamu wajib banget cobain metode skincare ini nih, Clozetters! Chizu Saeki Method atau yang disingkat dengan CSM, mulai di populerkan oleh skincare expert asal Jepang.


Metode ini mulai popular di kalangan beauty enthusiast karena teknik yang diajarkan sama seperti memakai sheetmask di kulit, namun bedanya kamu memanfaatkan produk skincare yang sudah kamu miliki di rumah tanpa harus membelinya lagi. Kamu hanya perlu menuangkan hydrating toner atau essence di atas kapas tipis, kemudian ditempel ke kulit selama beberapa waktu. Namun, perhatikan juga ingredients yang terdapat pada produk yang kamu pakai yah, Clozetters. Hindari menggunakan produk yang mengandung bahan-bahan yang berpotensi mengiritasi kulit, seperti alkohol dan exfoliant.


Teknik ini bisa membantu menenangkan wajah kamu yang iritasi atau kemerahan, sekaligus membuat kulit jadi lebih segar, lembab dan terhidrasi.



 Skin Cyling



Sumber foto: Pinterest


Salah satu metode perawatan kulit wajah yang wajib kamu coba adalah skin cycling. Metode ini diperkenalkan oleh Whitney Bowe, seorang dokter kulit di New York. Ada yang udah pernah cobain metode ini belum, Clozetters?


Skin cycling merupakan metode perawatan kulit yang dilakukan rutin selama empat malam dengan teknik: dua malam perawatan kulit dan dua malam pemulihan. Di malam pertama dan kedua, perawatan kulit akan fokus pada penggunaan bahan aktif, sedangkan malam ketiga dan keempat, perawatan kulit akan fokus pada hydrating agent atau disebut juga sebagai rest day, dimana pemakaian skincare kamu hanya berfokus pada basic skincare yang membantu kulit untuk beristirahat.


Metode ini sangat cocok untuk kamu yang baru mau mencoba menggunakan bahan aktif dalam produk skincare, seperti retinoid dan chemical exfoliant. Skin cycling dianjurkan dilakukan pada malam hari saja, karena lebih efektif dan bisa mengurangi risiko iritasi akibat paparan sinar matahari.


Banyak manfaat yang dapat dirasakan setelah rutin menggunakan metode ini, seperti membantu memperbaiki skin barrier, mengurangi efek samping produk, serta kulit akan lebih terhidrasi dan terasa lebih lembut.


Slug Skincare



Sumber foto: Pinterest


Metode yang satu ini juga diperuntukkan bagi kamu yang punya kulit kering nih, Clozetters! Slug Skincare atau slugging merupakan teknik perawatan kulit dengan menggunakan petroleum jelly yang di aplikasikan ke seluruh wajah.


Manfaat utama dari slugging, yaitu untuk membantu meningkatkan kelembapan kulit, terutama untuk perawatan kulit yang memiliki eksim dengan cara memperbaiki lapisan kulit yang rusak, dapat juga membantu kulit tampak sehat dan kenyal. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa tidak semua kondisi dan tipe kulit bisa menggunakan metode ini. Pasalnya, penggunaan petroleum jelly dapat menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan jerawat. Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, mudah berjerawat, berkomedo dan memiliki milia, metode slugging justru dapat memperburuk kondisi kulit.


Jadi, metode ini sangat disarankan untuk kamu yang memiliki kondisi kulit kering, rentan terhadap eksim, iritasi atau pecah-pecah. Dengan rutin melakukan slugging, maka permasalahan kulit yang kamu alami pelan-pelan akan hilang.


Moisture Sandwich



Sumber foto: Pinterest @celinelunakim


Seperti namanya, metode ini dibuat berlapis-lapis seperti sandwich, untuk meningkatkan fungsi produk yang diaplikasikan ke wajah, atau lebih mudahnya moisture sandwich merupakan proses layering skincare. Metode ini hadir untuk meningkatkan kelembapan kulit sekaligus membantu produk skincare yang digunakan bekerja dan menyerap secara maksimal.


Adapun jenis produk yang digunakan perlu memiliki tekstur yang ringan, daya serap cepat dan kadar air yang memadai. Beberapa jenis produk hydrating yang bisa menjadi pilihan untuk menerapkan metode ini, yaitu toner, face mist, dan moisturizer. Jadi, urutan pemakaian skincare routine kamu akan berubah, sehingga urutannya menjadi cleanser, moisturizer, toner, moisturizer, serum, moisturizer. Penggunaannya bisa disesuaikan dengan salah satu produk yang dipilih dari 3 hydrating produk yang disarankan.


Namun, perlu diperhatikan juga jenis kulit kamu yah, Clozetters! Karena metode ini bisa diterapkan tergantung pada jenis dan kebutuhan kulit kamu. Metode ini juga sangat cocok digunakan ketika kamu ingin mengaplikasikan produk berbahan aktif seperti retinol atau exfoliant, karena bisa membantu mengurangi resiko iritasi pada pemakaian.


Scrambled Oil



Sumber foto: Instagram @kaepratiwi


Metode ini dipopulerkan oleh Kae Pratiwi, salah satu beauty influencer tanah air. Munculnya istilah Srambled Oil ini bermula saat face oil yang Kae gunakan tidak bisa menyerap sempurna di kulit wajahnya. Karena kejadian tersebut, Kae mencoba mencampurkan face oil dengan salah satu face spray yang dia punya. Tanpa diduga pencampuran produk ini sangat efektif di kulitnya, sehingga Kae mulai memperkenalkan metode ini ke khalayak luas. Scrambled oil digunakan sebagai cara untuk membuat proses penyerapan oil lebih cepat meresap dan tidak meninggalkan efek greasy atau lengket.


Nah, untuk cara pengaplikasiannya bisa campurkan beberapa drop face oil dengan hydrating toner/moisturizer/body lotion yang kamu punya di rumah, Clozetters. Tidak disarankan untuk menggabungkan face oil dengan serum atau bahan aktif lain, dan juga jangan dicampurkan dengan sunscreen kalian yah.


Metode ini bisa membantu kulit kamu menjadi lebih lembab, sehat dan lembut, juga dapat bekerja sebagai emollient yang menutrisi kulit serta dapat memperbaiki struktur lapisan kulit yang rusak.

 

Nah, dari ke 5 metode diatas kamu udah pernah cobain yang mana nih, Clozetters? Apa kamu juga termasuk dari salah satu beauty enthusiast yang ikut meramaikan trend ini? Jangan lupa cobain metode ini di skincare routine kamu yah!

READ MORE ON THIS TOPIC