Rekomendasi Buku Untukmu yang Cinta Jepang & Budayanya | CoolJapan

(sumber foto: https://in.pinterest.com/pin/749849406681235534/)


Apakah minat kalian akan buku terletak pada keahlian memasak budaya pun dengan gaya hidup yakuza? Atau mungkin kalian gemar dengan fiksi noir, thriller kriminal, atau sekadar ingin menghilangkan stres dengan pewarnaan budaya Jepang yang unik lainnya? Ada sesuatu yang menarik bagi kalian pecinta Jepang dalam buku-buku yang akan direkomendasikan di sini. Ya, buku-buku Jepang terbaik memang kerap kali dengan cepat diterjemahkan dan, tidak peduli seberapa niche kelihatannya, buku-buku tersebut tetap akan menemukan pembacanya.

Yang pertama, ada The Tale of Genji. Buku ini menyimpan warisan dan mencatat sejarah. Tidak hanya dianggap sebagai novel Jepang pertama, konon, novel ini dianggap sebagai novel pertama yang pernah ditulis di dunia. Hal tersebut membuatnya menjadi salah satu novel Jepang yang paling penting dan terbaik untuk dibaca saat ini. Ditulis oleh wanita bangsawan Kyoto Murasaki Shikibu pada abad ke-11 M, The Tale of Genji membawa kita dalam perjalanan bersama putra seorang kaisar: Hikaru Genji. Genji tidak lagi berada di garis kesuksesan dan menghabiskan sebagian besar cerita novel untuk membentuk dan kemudian merusak hubungan dengan berbagai perempuan di Kyoto.



Yang kedua, ada Heaven yang ditulis oleh Mieko Kawakami. Buku ini bercerita tentang dua remaja yang terisolasi mencari hiburan dan kenyamanan satu sama lain, dengan konsekuensi yang menghancurkan. Ya, itulah premis dari Heaven, salah satu buku Jepang yang cukup pendek, hanya 167 halaman. Meski begitu, jangan tertipu, Clozetters! Heaven adalah cerita yang kompleks dan berlapis-lapis yang masih berhasil mengemas pukulan nyata! Ini dinarasikan oleh seorang anak laki-laki berusia 14 tahun yang disiksa oleh teman-temannya karena matanya yang sayu dan sifatnya yang pemalu. 

Dia berhasil terhubung dengan Kojima, teman sekelas yang juga diintimidasi karena pakaian kotor dan keanehannya, melalui surat rahasia yang mereka lewati secara rahasia. Duh, hati kalian akan dibuat hancur untuk mereka, tetapi waspadalah: segalanya akan menjadi lebih buruk bagi mereka, dan tidak ada janji bahwa mereka akan menjadi lebih baik. Heaven secara khusus akan berbicara kepada para kalian penggemar dark academia.





(sumber foto: https://ebooks.gramedia.com/id/buku/the-perfect-world-of-miwako-sumida)


Novel misteri Jepang tidak selalu berputar di sekitar penjahat dan detektif. Last but not least, ada The Perfect World Of Miwako Sumida oleh Clarissa Goenawan yang mengeksplorasi misteri yang lebih domestik, yaitu bunuh diri seorang gadis remaja yang hidupnya tampak sempurna. Kisah ini diceritakan dari tiga perspektif: bocah lelaki yang mencintai Miwako, saudara perempuannya, dan sahabatnya. Semuanya mencari jawaban, dan pembaca tidak bisa tidak tertarik untuk mencari di samping mereka. Miwako Sumida sendiri sangat pendiam, membuat keadaan kematiannya semakin menghantui dan misterius. Nah, penulis secara bertahap membongkar eksterior sempurna kehidupan Miwako Sumida, untuk mengungkapkan kebenaran yang tragis.

Jadi, yang mana yang paling memikat perhatianmu, Clozetters?

READ MORE ON THIS TOPIC