COOL JAPAN - Inspiring . Fascinating . Delightful | Clozette Indonesia


Musim dingin di negara beriklim subtropisselalu punya daya tariknya sendiri. Tak terkecuali Jepang, negara kepulauan diAsia Timur yang kerap menjadi destinasi wisata para turis. Kaya akanpemandangan alam yang indah, Jepang juga menawarkan wisata budaya yang menarik.Salah satunya adalah desa bersejarah di Prefektur Gifu, Shirakawa-go.

 

Dikelilingi dengan pegunungan danhutan yang masih natural, Shirakawa-go dikenal dengan keunikan rumah tradisionalnyayang disebut “Gassho Zukuri”. Konstruksi bagian atap rumah di desa inimenyerupai tangan yang sedang berdoa, dengan sisi kanan dan kiri miring untukmenanggulangi salju yang tebal ketika musim dingin tiba. Bangunan rumah iniamat kokoh dan berukuran besar, sehingga memuat satu kelurga besar dalam saturumah. Karena keunikan Gassho Zukuri, UNESCO menjadikan desa ini sebagai salahsatu Situs Warisan Dunia.



Sumber foto: www.outoftownblog.com



Ada beberapa titik yang harus kamu singgahi ketika mengujungi Shirakawa-go. Pertama, desa Ogimachi yang memuat 110 rumah tradisional Gassho Zukuri yang salah satunya bisa kamu sewa sebagai penginapan jangka pendek. Selanjutnya ada Shiroyama Observation Desk, dimana kamu bisa menikmati pemandangan terbaik Gassho Zukuri dari ketinggian. Kamu bisa mencapainya dengan berjalan kaki jika cuaca sedang bagus, atau menumpang bus antar-jemput dengan biaya 200 yen sekali jalan.

 

Selain dua titik tadi, jembatan gantung Deai-Bashi yang merupakan jalan masuk ke desa Shirakawa-go juga cukup digemari. Pemandangan di jembatan ini amat cantik, terutama ketika musim semi dan musim gugur. Lalu, ada juga Rumah Kanda, sebuah museum yang terletak di tengah rumah-rumah tradisional bergaya Gassho. Kamu bisa melihat kehidupan di desa ini sejak ratusan tahun lalu dengan membayar tiket masuk seharga 300 yen.



Ketika musim dingin tiba, Shirakawa-go menawarkan pemandangan yang luar biasa. Atap-atap rumah bergaya Gassho tersebut diselimuti salju tebal berwarna putih, yang memantulkan cahaya dengan apik ketika matahari terbit. Menjelang malam hari, Shirakawa-go dikelilingi cahaya temaram dari dalam Gassho Zukuri. Desa tersebut terlihat semakin menawan dengan latar belakang pegunungan yang menentramkan siapapun yang melihatnya.

 


Sumber foto: www.favy-jp.com


Ingin mengunjungi Shirakawa-go ketika musim dingin? Pastikan kamu melakukan reservasi tur terlebih dahulu. Jumlah turis yang diizinkan masuk ke desa ini dibatasi, terutama jika mereka memutuskan untuk menghabiskan malam di dalam desa. Waktu terbaik untuk mengunjungi desa ini di musim dingin ialah pada pertengahan Desember hingga pertengahan Februari. Enjoy your vacation, Clozetters!


READ MORE ON THIS TOPIC