Tabi Shoes: From Tradition To The ‘It’ Fashion Items | CoolJapan


Pernah melihat sepatu denganbagian ibu jari kaki yang terpisah dengan jari lainnya? This style known as ‘tabi’,the split-toe shoes which offer comfort and uniqueness. Berasal dari Jepangdengan nama asli ‘Jikatabi’, tabi memiliki arti ‘kantong sepatu’ untuk memberikankenyamanan, keamanan, dan stability ketika digunakan.

 

Merupakan alas kaki tradisional khasJepang, tabi pertama digunakan oleh masyarakat Jepang abad ke-15, ketika merekamulai mengimpor katun dari Tiongkok. Pada masa itu, tabi yang masih merupakankaos kaki hadir dalam beragam warna yang mencerminkan kelas sosial dankebutuhan penggunanya. Seperti warna biru indigo yang digunakan rakyat untuk aktivitassehari-hari, warna putih untuk acara formal seperti pernikahan, sertawarna-warni dan pattern digunakan oleh performer di suatu acara. Para samuraidipersilahkan menggunakan tabi dengan warna apapun, kecuali ungu dan gold yang diperuntukkanbagi kaum bangsawan.

 

Pada abad ke-20, industrialiasidi Jepang memungkinkan penggunaan tabi berbahan karet untuk aktivitas outdoor.Penemu Bridgestone, Shojiro Ishibashi, menggagas ‘Jikatabi’ yang lebih durable untukmenjejak langsung ke tanah. Tabi kemudian menjadi item populer yang hanya digunakandi Jepang hingga munculnya koleksi pertama tabi dalam balutan modern ala MaisonMargiela tahun 1988. Hingga saat ini, tabi masih identik dengan brand yangdidirikan oleh desainer asal Belgia, Martin Margiela.



Sejak tahun 2019, tabi semakin digemari oleh masyarakat pecinta fashion. Maison Margiela juga turut menghadirkan inovasi sepatu bergaya tabi yang menarik perhatian banyak orang. Mulai dari Painted Tabi Boots hingga Tabi Babouche Loafers. Brand ternama lain seperti Nike turut menghadirkan sepatu-sandal bertajuk Air-Rift, serta Aqua-Rift dengan beragam warna dan edisi khusus yang terdapat di beberapa negara saja. Brand menswear Jepang Visvim juga memperkenalkan Tabi Sashiko-Folk, sepatu tabi dalam bentuk sneakers yang menjadi hype items bagi pecinta street wear.







Hingga saat ini, berbagai brand terus berinovasi dengan style tabi. Sebut saja brand Jepang Svec dengan flat shoes dan mary-jane bergaya tabi, Suicoke yang menghadiskan mules dengan detail tabi di bagian depan, serta Abasi Rosborough, brand futuristik dari New York dengan Tabi Boot Sneakers-nya.



Apakah kamu salah satu yang tertarik dengan desain tabi ini, Clozetters? Kira-kira ke depannya akan ada gaya tabi dalam sepatu apa lagi, ya? Yuk, nantikan terus inovasi di dunia footwear untuk style yang satu ini!


READ MORE ON THIS TOPIC