Tak Perlu Ke Jepang, Ini 3 Cara Menikmati Onsen Di Rumah | CoolJapan


Tidak hanya terkenal akan kulinernya, Jepang juga memiliki kekayaan budaya yang selalu berhasil memikat hati para wisawatan. Salah satu budaya di Jepang yang cukup populer adalah berendam di onsen atau pemandian air panas. Selain manfaatnya yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh, onsen juga cocok sebagai penghilang stress di tengah kesibukan yang melanda. 

Berkat kepopulerannya, tak heran jika saat ini onsen menjadi destinasi wajib bagi para traveller saat berkunjung ke Jepang. Sayangnya, pandemi yang terjadi setahun belakangan ini masih membatasimu untuk traveling kembali ke negeri matahari terbit tersebut. Tak perlu kecewa, karena kamu bisa tetap menikmati pengalaman berendam di onsen dari rumah lho, Clozetters. Penasaran seperti apa? Yuk, simak caranya dalam ulasan berikut ini!


Menggunakan Virtual Reality (VR) 


                             


Virtual reality atau yang dikenal sebagai VR set ternyata bisa kamu manfaatkan untuk pengalaman berendam di onsen. Salah satu pemandian air panas di daerah Kobe, Jepang bernama Arima Onsen belum lama ini mengunggah sebuah video ke YouTube agar para penonton bisa menikmati pemandangan dan suara-suara di pemandian air panas secara virtual. Sementara, bagi kamu yang tidak memiliki VR set, kamu juga tetap bisa menikmati suasana onsen dari video yang diunggah dengan cara menaikkan volume videonya untuk mendengar gemercik mata air yang menenangkan. 


 Menaburkan Garam Mandi

Salah satu keunikan dari onsen di Jepang adalah menyediakan set garam mandi atau nyuyokusai agar pengunjung bisa merasakan variasi mata air panas yang ditawarkan di sana. Biasanya, dalam satu set garam mandi yang dijual terdapat pilihan aroma dan warna yang berbeda, namun memiliki manfaat yang sama dengan onsen aslinya. Untuk kamu yang rindu dengan suasana onsen di Jepang, kamu bisa coba menggunakan garam mandi dan taburkan pada bathtub yang berisikan air hangat. 


Menaruh Potongan Buah

Selain garam mandi, Yuzu juga bisa menjadi pilihanmu untuk pengalaman menikmati onsen dari rumah. Jeruk khas Jepang yang satu ini memang biasa digunakan pada onsen terutama saat musim dingin tiba. Aroma menyegarkan yang dihasilkan dari Yuzu dapat membangkitkan semangat sekaligus merilekasasi pikiranmu. Untuk mendapatkan sensasi berendam di onsen, kamu bisa menggunakan dua cara, yaitu dengan membungkus Yuzu dalam kantung kain dan menaruhnya pada bathtub. Atau langsung menaruh potongan buahnya pada air hangat untuk kamu berendam.

Itu dia ketiga cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk menikmati sensasi onsen di rumah. Jangan lupa, setelah berendam kamu bisa meminum susu dingin atau es krim untuk pengalaman mandi di onsen yang semakin terasa nyata.

READ MORE ON THIS TOPIC