Tamago Kake Gohan, Menu Sarapan Ala Jepang Yang Mudah Kamu Kreasikan Di Rumah | CoolJapan



Bukan rahasia lagi bahwa masyarakat Jepang terkenal disiplin dan pekerja keras. Padatnya aktivitas dan jam kerja membuat warga Jepang harus selalu menjaga tubuhnya agar tetap fit dan bertenaga.

Tak hanya olahraga, rupanya masyarakat Jepang juga memiliki kebiasaan untuk selalu memerhatikan asupan makanannya agar tetap fit sepanjang hari. Salah satunya dengan membiasakan diri untuk sarapan sebelum mulai beraktivitas. Layaknya di Indonesia, warga Jepang juga memiliki menu sarapan wajib yang menjadi favorit, yaitu Tamago Kake Gohan.


Jika kamu gemar menyaksikan anime atau drama Jepang, tentu kamu tak asing lagi melihat adegan di mana masyarakat Jepang menyantap hidangan yang satu ini. Tamago Kake Gohan atau Tamago Gohan merupakan menu sarapan khas Jepang yang dikenal sejak abad 19 ketika masyarakat Jepang mulai mengenal telur ayam.

Menu sarapan ini terdiri dari nasi putih yang dihidangkan bersama telur mentah di atasnya. Tamago Kake Gohan terkenal memiliki beberapa manfaat bagi tubuh. Salah satunya sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Tak hanya itu, masyarakat Jepang juga percaya bahwa mengonsumsi Tamago Kake Gohan dapat meningkatkan imunitas sehingga membuat tubuh lebih sehat dan berenergi, terutama jika dikonsumsi sebelum beraktivitas.


Selain baik bagi tubuh, menu sarapan khas Jepang ini juga sangat sederhana dan mudah kamu kreasikan sendiri di rumah, lho. Kamu cukup menyiapkan beberapa bahan, seperti nasi putih, telur mentah segar, dan shoyu (kecap asin).




Cara membuatnya pun mudah. Pertama, pisahkan putih dan kuning telur terlebih dahulu. Kemudian, kocok putih telur hingga mengembang menggunakan whipper atau pengocok telur lainnya. Jika sudah mengembang secara sempurna, siapkan nasi panas. Lalu, hidangkan putih telur yang telah mengembang bersama kuning telur mentah di atas nasi putih. Terakhir, kamu hanya tinggal menyiramkan shoyu secara merata pada nasi. Tamago Kage Gohan pun siap disajikan.

Menariknya lagi, kamu juga bisa mengkreasikan Tamago Kage Gohan dengan topping favoritmu. Mulai dari nori, yuzu pepper, wasabi, hingga biji wijen. Bagaimana Clozetters? Kamu tertarik mencobanya?

READ MORE ON THIS TOPIC