What Is Inside A Traditional Bento Box? | CoolJapan


Sejak kecil, kamu pasti sudahfamiliar dengan bekal makanan. Merupakan tradisi di banyak negara, membawa bekalmakanan menjadi pilihan yang paling aman. Terutama ketika kamu harusberaktivitas di luar rumah selama masa pandemi. Kamu bisa memilah makanan yangsesuai dengan diet dan kebutuhan gizimu untuk dikonsumsi.

 

Di Jepang, terdapat “bento box”yang berfungsi menyerupai bekal makanan. Hadirnya bento box sudah ada sejak abadke-5, ketika kotaknya masih menggunakan bambu dan belum se-modern sekarang.Pada masa tersebut, masyarakat Jepang membawa bento ini sebagai bekal untukberburu, bercocok tanam, atau bahkan ketika pergi berperang. Seiring berjalannyawaktu, bento box terus mengalami perkembangan. Akan tetapi, bento box tradisionalmemiliki ciri khasnya tersendiri. Penasaran seperti apa? Yuk, simak lebih lanjutmelalui ulasan di bawah ini.



Bagi masyarakat Jepang, mengemas bento box tak sama dengan mengemas bekal makanan pada umumnya. Ada suatu seni yang disisipkan di dalamnya. Bento box harus memiliki balance antara tekstur, warna, pengolahan makanan, serta bahan makanan. Pada bento box tradisional, 50% isinya merupakan karbohidrat, yang dilengkapi dengan 50% protein, sayuran, dan side dish. Keseimbangan warna biasanya diperoleh dari tomat mini, brokoli, kacang merah, serta tamagoyaki (omelet ala Jepang). Untuk keseimbangan tekstur, kamu bisa memilih olahan daging sapi, ikan ataupun ayam dengan tekstur yang lembut, dipadukan dengan salad wortel yang crunchy. Semua makanan ini dikemas ketika sudah dingin agar tidak meninggalkan embun dari uap panas pada kotaknya.



Bento box biasanya dilengkapi dengan sekat-sekat pemisah makanan. Oleh karena itu, kamu perlu mengemas secukupnya dan sepadat mungkin agar makanan tidak tercampur satu sama lain. Kamu juga bisa mengemasnya secara 3 dimensi, dengan menaruh satu makanan di atas makanan lainnya. Tentunya makanan yang ditumpuk ini harus bertekstur kering ya, Clozetters. Agar semua makanan yang kamu siapkan tetap awet dan segar, kamu bisa menambahkan beberapa slice lemon sebagai sentuhan akhir.  




Tak hanya untuk orang dewasa, bento box juga bisa menjadi ‘senjata’ agar si Kecil semangat melahap makanan. Dikenal dengan istilah ‘kyaraben’, bento box ini dibuat menyerupai karakter anime ataupun film favorit si Kecil. Tentunya, dibutuhkan kreativitas ekstra untuk membuat kyaraben ini. Tak jarang sang Ibu sudah mempersiapkan menu kyaraben di malam sebelum si Kecil berangkat sekolah.



Tertarik untuk membuat bento versimu sendiri? Jangan lupa share bersama Clozette di Lifestyle Community, Clozetters. Selamat mencoba!


READ MORE ON THIS TOPIC