Yuk, Intip 5 Kreasi Pancake Dari Berbagai Negara | CoolJapan


Pancake menjadi salah satu hidangan yang cukup populer di dunia. Kue berbentuk bulat dengan tekstur lembut tersebut dikenal sebagai hidangan fleksibel yang bisa disantap kapan saja. Kepopuleran Pancake berawal dari masyarakat Timur Tengah yang menjadikannya sebagai makanan khas sejak tahun 1430-an. Seiring dengan perkembangannya, kini di setiap negara pancake disajikan dengan tampilan dan cara menyantap yang berbeda. Bagi kamu yang penasaran, yuk, simak rangkuman Clozette berikut ini.


 Jeon - Korea 




Jika biasanya pancake identik disajikan bersama topping bercita rasa manis, berbeda dengan Jeon, sajian pancake ala Korea. Ya, tidak seperti pancake klasik yang sering kamu temui, Korea justru mengkreasikan adonan pancake dengan telur dan mengolahnya dengan cara digoreng. Jeon terbagi dalam beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan topping-nya, mulai dari Shrimp Pancake (Saeu-jeon), Beef Pancake (Seogogi-jeon) hingga yang paling populer Green Onion Pancake (Pa-jeon). Cita rasanya yang gurih menjadikan jenis pancake ini dapat dijadikan camilan atau teman makan nasimu. 



Classic Pancake - Amerika Serikat 




sumber foto: Clozette Ambassador @andreahamdan



Sajian pancake dari Amerika Serikat yang satu ini merupakan jenis yang paling umum dan menjadi representasi dari “pancake” itu sendiri. Pancake klasik memiliki ciri khas berbentuk pipih dan bulat dengan tekstur lembut yang berasal dari campuran baking soda pada adonannya. Perpaduan empuknya tekstur pancake dan sirup maple yang manis membuatnya sangat pas untuk disantap sebagai dessert atau menu sarapan. Kamu juga bisa mengkreasikan pancake klasik dengan aneka topping favoritmu, Clozetters. Seperti buah-buahan segar atau es krim.



Fluffy Pancake - Jepang




sumber foto: Clozette Ambassador @anissaramalia



Bukan rahasia lagi bahwa Jepang selalu menawarkan keunikan dari berbagai kulinernya. Seperti salah satunya kreasi pancake ala Jepang yakni Fluffy Pancake, yang belakangan cukup fenomenal. Pancake ini terbuat dari tepung terigu, buttermilk, dan putih telur yang diolah dengan teknik memasak khas Jepang sehingga menjadikannya mengembang secara natural tanpa bantuan baking powder. 


Teksturnya yang super lembut dan meleleh di lidah menjadikan Fluffy Pancake begitu digemari para pecinta hidangan manis. Kabar baiknya, kini kamu tak perlu lagi jauh-jauh ke Jepang untuk mencicipi hidangan yang satu ini. Karena telah banyak kafe dan restoran di Indonesia yang menawarkan Fluffy Pancake dengan topping menarik, mulai dari brown sugar boba, matcha, cream cheese dan masih banyak lagi.


Blini - Rusia 




Blini merupakan salah satu kreasi pancake ala Rusia yang cukup legendaris dan tak pernah ketinggalan dalam Festival Maslenitsa atau Hari Pancake yang rutin digelar oleh Rusia. Berbeda dari pancake pada umumnya yang cenderung bertekstur lembut dan padat, Blini justru memiliki tekstur yang tipis layaknya crepes. Blini biasa disajikan bersama caviar atau telur ikan. Wah, unik sekali ya, Clozetters. 


Serabi - Indonesia



sumber foto: Clozette Ambassador @desyyusnita



Setelah membahas beragam jenis pancake dari berbagai negara, rasanya tak lengkap jika belum mengulas pancake lokal khas Nusantara yaitu Serabi. Diadaptasi dari sajian pancake yang dikonsumsi oleh penduduk Eropa, serabi memiliki cita rasa unik berkat adonan yang terbuat dari tepung beras dan santan lalu dibakar menggunakan arang. Penyajian serabi terbilang cukup bervariasi, kamu bisa mengkreasikan serabi dengan aneka topping manis dan gurih, seperti santan, gula merah, hingga oncom.

READ MORE ON THIS TOPIC