Yuk, Terapkan Metode KonMari Untuk Berbenah Menjelang Hari Raya | CoolJapan


Nama Marie Kondo pasti sudah takasing lagi di telingamu. Merupakan penulis buku berkebangsaan Jepang, MarieKondo  telah sukses mempopulerkan metodeberbenahnya yang disebut KonMari. Metode ini sendiri terinspirasi dari agamaShinto yang mengaitkan kegiatan bersih-bersih dan berbenah sebagai salah satu praktek spiritual.

 

Inti dari metode KonMari ialahmenentukan nilai suatu barang dari rasa yang ditimbulkan ketika melihat ataumenggunakan barang tersebut. Apakah barang tersebut membuatmu merasa senang, membantumudalam kegiatan sehari-hari dan meninggalkan kenangan tersendiri, atau justrusebaliknya. Jika tak berguna dan tak meninggalkan kesan apapun, tentu barangtersebut harus kamu singkirkan.

 

Metode KonMari ini bisa kamuterapkan untuk menyambut momen spesial seperti Hari Raya.Tertarik menerapkan metode KonMari di rumah? Yuk, intip 5 tips berikut:



Sumber foto: Instagram @swissapo



1. Rapikan Sekaligus dalam Satu Waktu


Tidy all in one go! Daripada merapikan satu ruangan saja, lebih baik kamu mendedikasikan satu atau dua hari untuk merapikan seluruh isi rumah. Mungkin hal ini terdengar merepotkan, tetapi ketika melaksanakannya, mood berbenah kamu justru akan semakin meningkat.

 


2. Pisahkan Barang Secara Berkelompok


Mulai memberi nilai pada barang-barangmu yang selama ini tertumpuk. Apakah barang tersebut penting dan membuatmu terbantu, atau justru sudah lama tak terpakai. Pisahkan dalam dua kelompok dan sediakan wadah untuk menyingkirkan barang yang sudah tak terpakai.

 


3. Tetapkan Tema Masing-Masing Ruangan


Daripada hanya merapikan tanpa tujuan, kamu bisa memindahkan barang dengan memvisualisasikannya terlebih dahulu. Agar lebih semangat, berikan tema utama yang menjadi garis besar peletakan furnitur dan barang yang akan kamu simpan.



Sumber foto: Instagram @casework.it



4. Gunakan Checklist KonMari


Dalam buku The Life-Changing Magic of Tidying Up, Marie Kondo membuat checklist sekaligus urutan berbenah, yakni; 1. Pakaian, 2. Buku, 3. Kertas dan Dokumen, 4. Miscellaneous, 5. Barang personal.



5. Menyingkirkan ‘Someday Items’


Dalam kegiatan berbenah, tentu kamu akan menemukan barang yang membuatmu ragu. Barang-barang ini kerap disebut ‘Someday Items’. Kamu berpikir bahwa barang tersebut akan berguna pada suatu hari, namun nyatanya hingga detik ini belum sekalipun kamu gunakan.

 

Menurut Marie Kondo, barang-barang seperti inilah yang perlu diperhatikan. Coba tanya kembali pada dirimu, kapan terakhir kali kamu sadar akan keberadaan barang tersebut? Jika tak bisa mengingatnya, berarti sudah saatnya kamu menyingkirkan si ‘Someday Items’ ini.

 



Jika ingin mengetahui tips-tips KonMari lebih lanjut, kamu bisa follow Instagram @mariekondo dan @konmari.co. Selamat berbenah, Clozetters!


READ MORE ON THIS TOPIC