3 Masjid yang Wajib Kamu Kunjungi di Jepang | CoolJapan

Sumber foto: japantimes.co.jp


Berkunjung ke Jepang tanpa meninggalkan ibadah ternyata memungkinkan, lo! Selain beribadah di hotel tempat kamu menginap, ada 3 masjid yang menarik untuk dikunjungi di Jepang. Berikut Clozette rangkum melalui ulasan di bawah ini.

 


Masjid Tokyo Camii – Terbesar di Jepang



Sumber foto: Fun Japan

 

Masjid ini terletak di Shibuya, Tokyo, yang juga merupakan pusat kebudayaan Turki. Didirikan tanggal 12 Mei 1938 oleh para imigran keturunan Turki yang berasal dari Rusia, masjid ini sempat dirobohkan karena strukturnya yang mulai rusak. Namun, dibuka kembali tahun 2000 dan menjadi masjid terbesar di Jepang.

 

Arsitek Turki Muharrem Hilmi Senalp merancang masjid 4 lantai seluas 743 meter persegi ini. Terdapat sebuah lantai bawah tanah di dalamnya, sedangkan di bagian atas Clozetters akan melihat kubah dan menara yang megah. Tak heran pasangan public figure Syahrini-Reino Barack memilih masjid ini sebagai lokasi pernikahan mereka.

 

Alamat:

1-19 Ōyamachō, Shibuya City, Tokyo 151-0065, Japan

 

Cara ke Masjid Tokyo Camii:

Cara paling mudah ialah menggunakan kereta yang melewati Chiyoda line, lalu turun di Stasiun Yoyogi Uehara. Keluar stasiun melalui North 1 exit gate, belok kiri, dan jalan kaki sekitar 5 menit hingga kamu menemukan masjid besar ini di sebelah kiri.



Masjid Istiqlal Osaka – Didirikan Orang Indonesia



Sumber foto: Groovy Japan

 

Diresmikan tanggal 12 Januari 2022, masjid ini diprakarsai oleh seorang pengusaha asal Indonesia, Herizal Adhardi. Awalnya masjid ini merupakan sebuah toko sepatu yang kemudian dibeli oleh Herizal dan dijadikan masjid.

 

Jika kamu tengah di Osaka ketika Hari Raya Idul Adha atau Idul Fitri, kamu bisa menunaikan salat eid di masjid ini. Sekitar 2.700 pengujung melaksanakan salat eid, didominasi para pengunjung Indonesia yang datang dari berbagai area di Jepang. Masjid ini memiliki 5 lantai, lantai pertama merupakan toko yang menjual buku dan pernak-pernik berkaitan dengan Muslim, lantai 2-4 memuat tempat ibadah untuk 900 orang, dan lantai 5 merupakan sekolah untuk anak-anak yang ingin belajar tentang Islam.

 

Alamat:

1-2-10, Nabiraki, Nishinari Ward, Osaka City, 557-002, Japan

 

Cara ke Masjid Istiqlal Osaka:

Lokasinya berada di antara Stasiun Shin-Imamiya (Osaka Loop Line & Nankai Line) dan Stasiun Daikokucho (Midosuji Metro Line). Kamu bisa turun di salah satu dari stasiun tersebut, lalu naik taksi ke masjid ini.

 


Masjid Kobe – Tertua di Jepang



Sumber foto: Trip Advisor

 

Berdiri tahun 1935 di Kobe, masjid ini merupakan buah perjuangan panjang kaum Muslim di Jepang. Masjid Kobe dibangun dari dana yang dihimpun para pedagang India, serta suku Tatar, orang-orang Mesir, pedagang Syria, dan kaum Muslim lainnya. Sempat ditutup oleh Angkatan Laut Kekaisaran jepang pada tahun 1943, saat ini Masjid Kobe sudah kembali beroperasi sebagai tempat ibadah. Struktur masjid yang kuat beserta ruang bawah tanah menyelamatkan masjid ini dari gempa bumi besar Hanshin yang terjadi tahun 1995.

 

Saat ini, Masjid Kobe tak hanya menjadi tujuan kaum Muslim saja, namun juga tempat untuk mereka yang ingin belajar dan memperkaya pengetahuan mereka tentang Islam.

 

Alamat:

2-25-14 Nakayamate-dori, Chuo-ku, Kobe City, Hyogo, 650-0004, Japan

 

Cara ke Masjid Kobe:

Dari Stasiun Kobe, kamu bisa naik taksi menuju Masjid Kobe yang berjarak sekitar 12 km. Ini merupakan cara paling cepat dan efektif, karena tak terdapat stasiun kereta di sekitar Masjid Kobe. Jika ingin naik kereta, dari Stasiun Kobe memerlukan waktu sekitar 47 menit karena perlu transit untuk berpindah jalur.


READ MORE ON THIS TOPIC