4 Cara Orang Jepang bikin Tahun Baruan di Rumah jadi Seru | CoolJapan

Sumber foto: GajinPot


Tahun baru identik dengan pesta meriah, kembang api, dan countdown moment di berbagai lokasi hype kayak restoran, bar, sampai taman. Kalau cuma berdiam diri di rumah, rasanya ada yang kurang, setuju nggak, Clozetters?

 

Nah, kebalikan dari perayaan tahun baru ala western, di Jepang, tahun baru jadi momen penting buat kumpul sama keluarga. Semacam family gathering di mana seluruh anggota keluarga “membebaskan diri” dari kerjaan dan kesibukan masing-masing, dan memilih buat ngerayain tahun baruan secara intimate. Kira-kira, apa aja ya, yang mereka lakukan di rumah? Ada yang bisa kita tiru nggak, supaya pengalaman tahun baruan di rumah jadi lebih seru? Berikut Clozette rangkum melalui ulasan di bawah ini.

 


Nonton Acara TV dan Nyanyi Bareng



Sumber foto: GajinPot

 

Di Jepang, stasiun TV NHK ngadain acara spesial liburan Kohaku Uta Gassen. Acara ini terbagi atas dua tim, merah (tim cewek) dan putih (tim cowok), yang saling adu bakat dalam kompetisi nyanyi. Di akhir acara, para juri ngundang penonton buat vote tim yang jadi pemenang.

 

Jika keluarga kamu terdiri dari banyak orang, momen kontes nyanyi ini bisa jadi acara seru di rumah. Setel lagu buat karaoke, bagi jadi dua tim, lalu pilih juga juri yang akan menentukan pemenang. Pasti suasana jadi ramai banget, Clozetters!



Nonton New Year Ekiden, Acara Olahraga Maraton Tahun Baru

 


Sumber foto: Pinterest/decoholic.org


New Year Ekiden diadakan ditayangkan di TV setiap tahun baru. Para pesertanya lomba maraton sepanjang 218 km dari Tokyo ke Hakone.

 

Nah, kalau kamu sekeluarga suka olahraga, bisa jadiin momen tahun baru buat nonton acara olahraga favorit. Tinggal pilih yang sesuai dengan selera keluarga, lalu tonton dan jadi komentator bareng-bareng. Seru, bukan?

 

 

Makan Osechi Ryori Bersama



 Sumber foto: justonecookbook.com 

 

Osechi artinya “makanan yang banyak/berlimpah” yang biasanya disajikan di meja makan dengan selimut buat disantap bareng. Makanan yang jadi highlight di momen ini adalah sup mocha atau zoni, kohaku-namasu atau sayuran yang warnanya merah dan putih, konbu atau rumput laut, dan koro-mame yang merupakan kedelai hitam.

 

Momen makan bareng secara lesehan ini bisa Clozetters tiru di rumah untuk bikin suasana malam tahun baru makin intimate!

 

 

Beli “Lucky Bag” atau Fukubukuro

 


Sumber foto: Pinterest/behance.net

 

Kalau di Jepang, ada toko-toko yang jual fukubukuro yang isinya misterius! Karena bakal untung-untungan ya, Clozetters. Ada yang dapat barang nggak penting, atau malah gadget kekinian.

 

Kalau Clozetters mau coba, bisa banget nih, hadiahin fukubukuro buat keluarga. Isi dengan produk-produk random dan pastiin mereka nggak nyangka isinya apa. Surprise!


READ MORE ON THIS TOPIC