4 Kreasi Ramen Unik Yang Hanya Bisa Kamu Temui Di Jepang | CoolJapan


Bagi kamu pecinta kuliner khas Jepang, pastinya sudah tak asing lagi dengan sajian ramen. Ya, kuliner yang satu ini memang menjadi salah satu jenis hidangan a la Jepang yang sudah mendunia dan populer di berbagai negara, termasuk Indonesia. Ramen sendiri merupakan mi kuah Jepang yang sebenarnya berasal dari China, namun telah menjadi makanan populer di Jepang sejak lama. Ciri khas dari kuliner berkuah yang satu ini adalah memiliki bentuk mi yang tipis berwarna kuning dan disajikan dengan kuah kaldu serta aneka topping yang menggoda. 

Jika biasanya kamu menjumpai ramen dengan beberapa varian kuah kaldu populer seperti miso, shoyu, shio dan tonkotsu. Tahukah kamu bahwa kini sudah banyak kreasi ramen dengan jenis kuah dan topping unik yang berbeda dari biasanya. Bahkan, salah satunya ada yang menyajikan kue pie sebagai topping-nya. Unik, sekali bukan? Agar tak penasasaran, yuk lansung simak rangkuman Clozette berikut ini.


Blue Ramen




Kreasi ramen unik yang diberi nama Clear Chicken Soup 'Blue’ ini pada awalnya dipelopori oleh pemilik restoran Kipposhi di Tokyo yaitu Mr.Kozuimi pada tahun 2017 silam. Sesuai namanya, ramen ini disajikan dengan kuah kaldu berwarna biru muda yang menyerupai air laut beserta aneka topping seperti ayam, potongan telur dan daun bawang. 

Alasan Mr. Kozuimi membuat Blue Ramen adalah karena ingin membuat pelanggan teringat akan birunya laut di Hawaii. Kuah berwarna biru tersebut dihasilkan dari zat warna alami benama blue spirulina yang mengandung zat anti penuaan dan antioksidan yang memberikan manfaat bagi tubuh. Ternyata, selain intagramable, Blue Ramen juga menyehatkan, ya Clozetters


Coffee Ramen 




Meminum kopi sembari menikmati kudapan ringan mungkin menjadi hal biasa. Akan tetapi, bagaimana jika meminum kuah ramen rasa kopi? Ya, kini kamu bisa mencicipi ramen dengan kuah rasa kopi di sebuah kafe Jepang bernama Aroma yang terletak di Katsushika-ku Tokyo. 

Berbeda dengan ramen pada umumnya, Coffee Ramen disajikan dengan kuah kaldu yang dipadukan dengan kopi dan susu. Ditambah aneka topping seperti potongan telur rebus, kamaboko, pisang, daging asap, hingga es krim. Semua topping akan disusun menjadi bentuk wajah yang tersenyum di sebuah mangkok. Perpaduan kuah rasa kopi dan lelehan es krim menghasilkan cita rasa unik yang tak bisa kamu temui di tempat lain.


Pie Ramen




Sebagai rumah dari sajian ramen terbaik di dunia, Jepang merupakan negara pelopor dari berbagai inovasi ramen. Salah satu kreasi yang cukup unik adalah Pie Ramen yang dipelopori oleh Uma Tsukemen. Alih-alih menyajikan ramen dalam semangkuk kaldu panas, Uma Tsukemen justru memilih untuk memberi kesan visual dengan menggunakan pie berbentuk kubah yang diisi dengan semangkuk ramen. 

Uma Tsukemen menawarkan berbagai pilihan rasa kuah kaldu pie ramen yang bisa kamu sesuaikan dengan selera. Mulai dari kaldu udang, kari, hingga miso. Setelah selesai menyantap mi, kamu bisa memakan pie renyah yang sudah menyerap rasa kaldu pada kuahnya. Yummy!  

Lemon Ramen 



Penasaran apa jadinya jika citarasa lemon yang asam berpadu dengan gurihnya kuah kaldu ramen? Sebuah restoran bernama Rinsuzu Shukudo di Koto-ku Tokyo mencoba mengkreasikan irisan lemon dengan kuah kaldu berbahan dasar ayam untuk menciptakan lemon ramen yang unik. Agar citarasanya semakin lezat, masyarakat Jepang biasa menyantap lemon ramen dengan tempura khas Rinsuzu Shukudo.

READ MORE ON THIS TOPIC