5 Bumbu Dapur Ini Penuhi Cita Rasa Jepang Di Rumahmu | CoolJapan

Sumber foto: Clozetter Saycintya


Pandemi membuat banyak orang mengeksplorasi diri dan menemukan hobi baru. Salah satunya ialah mengembangkan kemampuan memasak di rumah. Berdasarkan survei dari Bank DBS Indonesia yang dilakukan pada tanggal 18 Juni – 3 Juli 2020 pada 545 koresponden, 69% di antara mereka memilih untuk memasak di rumah selama pandemi. Jumlah tersebut meningkat hingga 42% dibandingkan sebelum pandemi merebak.

 

Tak hanya masakan Indonesia dan western saja, hidangan Jepang kerap menjadi favorit untuk dieksplorasi. Dikenal akan kadar lemak yang rendah, hidangan khas Negeri Sakura jarang menggunakan rempah-rempah berbau tajam dan biasa menggunakan sayur-sayuran sebagai bahan penyedap. Jika ingin menghadirkan cita rasa masakan Jepang yang khas, kamu bisa mengandalkan 5 bumbu dapur yang mudah didapat, lho. Kira-kira apa saja, ya? Yuk, simak selengkapnya melalui ulasan di bawah ini.


Miso



Merupakan pasta kedelai yang dihasilkan melalui proses fermentasi, miso kerap digunakan dalam berbagai masakan seperti sup, kaldu, kuah ramen, ataupun sebagai bumbu rendaman. Miso menciptakan rasa umami yang enak dan gurih khas masakan Jepang dan diyakini mampu melancarkan pencernaan sekaligus memberikan energi pada tubuh.



Nori



Penggemar sushi pasti sudah tak asing lagi dengan nori. Lembaran rumput laut yang dikeringkan ini dikenal sebagai pembungkus sushi yang juga menambah keunikan rasanya. Tak hanya itu, nori juga kerap digunakan sebagai bumbu tabur pada nasi ataupun makanan berkuah.

 


Shoyu



Bumbu bertekstur cair ini sering diterjemahkan sebagai kecap asin versi Jepang. Padahal, shoyu murni terbuat dari kacang kedelai atau kedelai hitam yang difermentasi tanpa tambahan garam dalam pembuatannya.



Rayu




Minyak wijen pedas ini menjadi bumbu pelengkap ketika menyantap gyoza, pangsit a la Jepang. Tak hanya gyoza, rayu juga bisa menjadi campuran untuk menambah rasa pedas pada berbagai masakan Jepang, khususnya ramen.



Mayones



Tak hanya menjadi favorit dalam hidangan western seperti burger dan pizza, mayones juga amat populer di Jepang. Cocok sebagai dressing salad ataupun beragam olahan gorengan, saus berbahan dasar telur ini juga disajikan dalam versi mentai yang creamy dan lezat.


READ MORE ON THIS TOPIC