Coba yang Beda: Sauna di Tokyo! | CoolJapan

Sumber foto: @shibuya_saunas


Clozetters yang pernah ke Jepang, pasti udah familiar dengan onsen, bukan? Kegiatan berendam di mata air hangat ini jadi salah satu aktivitas seru untuk relaksasi. Nah, kalau mau coba experience baru selain onsen, sauna bisa jadi opsi menarik! Beberapa tahun belakangan, sauna jadi go-to activity di Tokyo yang lagi hype. Pasalnya, kegiatan ini bukan cuma buat kalangan orang tua aja, tapi udah lebih dekat dengan anak muda, loh!

 


Asal Mula Sauna di Tokyo

 

Di Tokyo, sauna muncul pertama kali di fasilitas kesehatan umum yang terletak di Ginza, tahun 1957. Tetapi, sauna baru populer setelah Olimpiade Tokyo tahun 1964, ketika para atlet Finlandia bikin fasilitas sauna sendiri di Olympic Village buat merelaksasi diri sebelum atau sesudah pertandingan.

 

Nah, di tahun 2010-an, sauna nih identik banget sama para pekerja yang butuh istirahat sejenak tapi nggak sempat pulang ke rumah. Setelah mandi dan bebersih, mereka akan bersantai di ruangan kayu dengan suhu up to 79° Celcius selama 12 menit. Lalu, mereka akan keluar buat cool down, mandi lagi, dan istirahat sampai waktu kerja tiba.



3 Rekomendasi Tempat Sauna di Tokyo

 

Saunas, Shibuya



Trendy tapi calming, Saunas yang terletak di Shibuya, Tokyo, ini nawarin distraction-free experience yang mirip sama hotel. Bahkan, ada Bed Sauna buat kamu yang mau istirahat total. Tempat sauna cowok dan cewek dipisah, tapi perlu di-note kalau buat sauna di sini harus completely naked dan tubuh dalam keadaan bersih ya, Clozetters.

 

Habis sauna, bisa banget mampir ke restoran plant-based food yang menunya dirancang oleh Chef Yusuke Nomura, chef generasi keempat dari keluarga pendiri “Shojin Ryori Daigo” yang udah dapet Michelin Star!

 

Harga: 3,080 yen (weekdays) dan 3,850 yen (weekend) untuk 2,5 jam sauna

Alamat: 18-9 Sakuragaokacho, Shibuya City, Tokyo 150-0031, Japan



SaunaLab, Kanda



Nggak cuma suhunya aja yang hangat, interior di SaunaLab, Kanda, juga nggak kalah menggemaskan. Suasananya homey dengan dominasi kayu, bahkan ada batang pepohonan asli yang menghias ruang saunanya. Bikin kamu kayak ada di tengah hutan!

 

Salah satu yang unik dari SaunaLab adalah “ice sauna” yang didesain dengan udara dingin kayak di Finlandia, negara tempat konsep sauna ini berasal. Suhu yang dingin bikin momen sauna jadi lebih balance.

 

Harga: 2,980 yen untuk 2 jam sauna

Alamat: Japan, 101-0054 Tokyo, Chiyoda City, Kanda Nishikicho, 3 Chome−3−9 B1F



Sauna&Co, Kuramae



Perfect buat couple, group of friends, atau keluarga yang mau sauna bareng, Sauna&Co nawarin fasilitas private sauna yang bisa kamu booking. Buat melengkapi momen sauna, kamu juga bisa setel lagu pilihan sendiri atau pilih aroma yang kamu inginkan.

 

Tempatnya unik, ada tanaman-tanaman yang bikin sauna makin relaxing. Satu ruangannya bisa diisi sampai 3 orang, cocok buat kamu yang lagi butuh tempat private buat santai bareng orang terdekat. Karena ruangannya private, kamu perlu reservasi sebelum datang ke sini ya, Clozetters!

 

Harga: Pilihan paketnya ulai dari 6.000 yen untuk 70 menit sauna

Alamat: 4 Chome-21-2 Kuramae, Taito City, Tokyo 111-0051, Japan

 

Gimana, Clozetters? Tertarik nyobain sauna di Tokyo?


READ MORE ON THIS TOPIC