Fakta Menarik Daifuku, Mochi Khas Jepang yang Lagi Viral | CoolJapan

sumber foto: justonecookbook.com 


Jepang adalah salah satu negara yang dikenal sebagai surganya kuliner. Tak heran, mengingat banyaknya makanan Jepang yang menjadi tren kuliner di media sosial khususnya TikTok, mulai dari natto hingga daifuku. 

 

Daifuku mochi mulai populer saat beberapa Tiktokers me-review makanan ini dari salah satu supermarket Jepang ternama di Jakarta hingga akhirnya menjadi viral. Saat mereka mencicipinya, rasa dari daifuku ini begitu menggoda sehingga banyak orang yang melihat jadi terdorong untuk mencobanya sendiri. Lantas, gimana sih rasa daifuku mochi yang lagi viral ini? Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang daifuku, mochi Jepang yang lumer di mulut. 

 

Daifuku mochi merupakan cemilan tradisional khas Jepang yang terbuat dari tepung mochiko. Salah satu bentuk wagashi atau mochi biasanya memiliki isian dengan strawberry utuh dan diisi pasta kacang merah. Supaya daifuku tidak saling menempel, adonan yang sudah dibentuk dan diisi akan digulung atau ditaburi tepung maizena yang sebelumnya telah disangrai hingga matang, hal ini berguna untuk menghilangkan aroma tepung yang khas. 



 

sumber foto: Instagram @daifuku.jakarta 


Sedang viral di TikTok, beberapa netizen mengaku tertarik dengan sejarah daifuku. Tahu nggak, kalau daifuku pertama kali muncul di awal Zaman Edo, loh! Sebenarnya, jenis mochi Jepang ini dulunya jauh lebih besar dari yang sekarang, dan dikenal dengan nama harabuto-mochi. 

 

Ada banyak jenis daifuku yang populer di Jepang, mulai dari daifuku yang isiannya menggunakan pasta kacang kedelai sampai isian pasta kacang merah rasa garam. Ichigo daifuku atau yang dikenal dengan strawberry mochi merupakan salah satu jenis daifuku yang paling populer di Indonesia. Bagian tengah ichigo daifuku berisi strawberry utuh sehingga memberikan rasa yang khas dan tekstur yang bervariasi. Tak hanya rasanya yang enak, mochi ini juga memiliki harga yang terjangkau sehingga dijadikan sebagai salah satu oleh oleh wajib dari Jepang. 


Konon, ichigo daifuku ditemukan pada tahun 1980-an yang terletak di Kota Yoshimi, Prefektur Saitama. Kota ini diakui sebagai penghasil strawberry top dunia, sehingga itulah yang menjadi alasan mengapa strawberry dijadikan bahan utama. 

 

Gimana? Udah nggak penasaran lagi kan sama asal usul daifuku mochi? Nggak perlu sampai jauh-jauh ke Jepang, kamu juga bisa beli di supermarket Jepang seperti Papaya atau AEON Store, dan @daifuku.jakarta untuk freshly made. Selamat mencoba Clozetters! 



READ MORE ON THIS TOPIC