Here Are 5 Lovely Libraries Around Japan For Bibliophiles! | CoolJapan
Apakah Clozetters gemar membaca, menikmati seni dan estetika, dan juga selalu terpana oleh bangunan arsitektur Jepang modern? Jika demikian, perpustakaan-perpustakaan ini bisa masuk ke dalam Japan itinerary kalian, lho! 

Jepang memang dikenal sebagai surga bagi pecinta buku. Jepang merupakan rumah dari penulis terkemuka seperti Haruki Murakami dan Banana Yoshimoto. Tapi ini bukan hanya tentang buku itu sendiri, Clozetters – kalian para pecinta buku tentu paham pentingnya memiliki tempat yang nyaman untuk membaca, kan? Nah, kenyamanan tersebut dapat kalian rasakan di berbagai perpustakaan di Jepang. 

 1. Yusuhara Community Library


(sumber foto: https://arquitecturaviva.com/works/biblioteca-yusuhara-7)

Perpustakaan ini merupakan sebuah mahakarya dari arsitek master Jepang, Kuma Kengo. Tersembunyi di dalam hutan yang indah, Perpustakaan Yusuhara sebagian besar dibangun dengan kayu cemara lokal, menciptakan ruang baca yang sangat besar dengan langit-langit tinggi. Di siang hari, cahaya alami yang terang dapat mencapai perpustakaan dan mampu menggantikan pencahayaan buatan. Hal tersebut membuat perpustakaan ini menjadi hangat dan nyaman, memungkinkan pembaca untuk bersantai.



2. Kanazawa Umimirai Library


(sumber foto: https://m.blog.naver.com/PostView.naver?isHttpsRedirect=true&blogId=bonnoplan&logNo=40135997187)

Jangan lewatkan perpustakaan yang satu ini, Clozetters! Umimirai Kanazawa telah memenangkan beberapa penghargaan desain arsitektur baik di Jepang maupun di seluruh dunia. Ini telah menarik banyak perhatian dalam beberapa tahun terakhir dan telah menerima jutaan pengunjung sejak pembukaannya. Perpustakaan Umimirai Kanazawa menggunakan warna putih murni sebagai warna temanya, dan memiliki sekitar 6.000 lubang dengan ukuran berbeda di dindingnya untuk membiarkan cahaya alami masuk, praktis sekaligus menarik perhatian.


3.  Nakanoshima Children's Book Forest


(sumber foto: https://www.designboom.com/architecture/tadao-ando-nakanoshima-childrens-book-forest-library-osaka-japan-03-15-2020/)

Parents, merapat yuk! Perpustakaan yang ini merupakan surga yang damai dari hiruk pikuk kota. Dirancang oleh Tadao AndoBook Forest adalah tempat untuk bersantai dan memperluas wawasan anak-anak. Perpustakaan ini memang dirancang untuk membuat anak-anak tetap nyaman sehingga mereka dapat fokus pada bacaan mereka. Gemas, ya?

4. Takeo City Library 


Takeo City Library dikenal dengan desainnya yang sederhana namun menawan. Di samping itu, perpustakaan ini juga menawarkan model bisnis yang unik. Lantai 1 dikelola oleh Tsutaya Books dan Starbucks, sedangkan di lantai 2 terdapat perpustakaan dengan area membaca. Ketiganya bergabung untuk membentuk kompleks inovatif yang telah menghasilkan ulasan positif dari pengunjung-pengunjungnya.




5. Hakone Honbako


(sumber foto: https://bennyrabbit.com/kanagawa/hakone-honbako)

Perpustakaan yang ini cukup beda dari yang lain, Clozetters. Jepang memiliki banyak penginapaan di mana Clozetters akan tidur dikelilingi oleh buku-buku. Hakone Honbako bisa menjadi pilihan. Tiap-tiap kamar hotel yang Instagrammable dilengkapi dengan perpustakaan kecil dan ruang tamu bergaya pertengahan abad ke-20 untuk sesi membaca yang nyaman. Hotel ini cocok untuk kalian yang gemar staycation karena dilengkapi dengan restoran, onsen, dan bahkan ruang kerja bersama. 

Perpustakaan-perpustakaan tersebut menggabungkan kecintaan Jepang pada arsitektur dan sastra. Perpustakaan memang lebih dari sekadar tempat membaca; melainkan juga menawarkan desain arsitektur dan estetika. Mengunjungi perpustakaan seperti ini dapat mencerahkan sekaligus menenangkan pikiran kalian ya, Clozetters

Perpustakaan mana yang memikat perhatian kalian nih? Pilih salah satu then go start planning your next adventure!


READ MORE ON THIS TOPIC