Makanan Jepang Ini Hanya Bisa Dicicipi Setahun Sekali? | CoolJapan

Sumber foto: Instagram @miss_foodie


Sebagai negara 4 musim, Jepang menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak orang minati karena pemandangan alam dan makanan khasnya. Seperti saat musim gugur tiba, selain bisa menikmati pemandangan dedaunan yang mulai berganti warna, kamu juga bisa mencicipi makanan musiman yang menggugah selera.


Jepang mulai memasuki musim gugur pada bulan September-November. Jika berkunjung pada bulan ini, kamu bisa menikmati beberapa hidangan khas musim gugur yang patut dicoba. Berikut beberapa di antaranya.


Jamur Matsutake



Sumber foto: Instagram @miss_foodie


Jamur Matsutake sering disebut sebagai ikon musim gugur di Jepang. Karena jamur ini hanya tumbuh di musim gugur, tidak dapat dibudidayakan, dan tidak dapat dipanen secara teratur di semua musim. Selain harganya yang mahal, jamur matsutake memiliki aroma yang unik dan khas, sehingga beberapa orang tidak menyukainya. Namun, masyarakat Jepang sangat menikmati olahan jamur ini.


Olahan jamur yang paling populer adalah jamur panggang. Selain itu, dapat diolah menjadi sup osuimono dengan tambahan sedikit bumbu. Ada juga matsutake gohan, yaitu nasi yang dimasak dengan campuran jamur sehingga menghasilkan aroma khas. Olahan lainnya adalah dobin mushi, yaitu jamur yang dikukus dengan cara menggunakan teko yang terbuat dari tembikar. Hidangan dengan jamur matsutake jangan sampai dilewatkan, karena kamu harus menunggu setahun lagi untuk menikmatinya.


Sanma



Sumber foto: Instagram @midorirestaurant.id


Dikenal dengan nama Pacific saury atau sanma dalam bahasa Jepang. Ikan khas musim gugur ini juga menjadi makanan musiman favorit masyarakat Jepang dari semua kalangan. Biasa disajikan dengan dipanggang secara utuh di atas api terbuka dan disantap dengan nasi hangat bersama sup miso juga acar jahe khas Jepang. Bisa juga diasinkan dengan ditambahkan kecap asin, parutan jeruk nipis, lemon, dan bumbu penyedap lainnya. Lobak Jepang (daikon), jeruk nipis, garam dan buah persik biasa dijadikan pelengkap hidangan ini.


Saat mengonsumsi ikan ini harus berhati-hati, karena memiliki banyak duri pada bagian punggung. Ikan sanma kaya akan protein dan minyak omega-3 yang dapat membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung juga otak.

Oden



Sumber foto: Pinterest


Oden adalah makanan favorit yang bisa dimakan kapan saja. Karena musim gugur adalah pergantian dari musim panas ke musim dingin, makanan berbentuk sup menjadi pilihan masyarakat untuk menghangatkan badan. Olahan ini dibuat dengan sup dashi rasa kedelai yang diisi banyak pilihan topping, kemudian dihidangkan selagi hangat. Untuk menu ini kamu bisa memilih berbagai topping di dalamnya seperti telur rebus, daikon atau lobak Jepang, kue ikan, gulungan kubis, atau kulit tahu isi daging, rumput laut, konyaku dan mochi.


Ubi Panggang



Sumber foto: Instagram @imocho_osu


Ubi panggang atau disebut yakiimo adalah camilan musim gugur yang populer di Jepang. Ini merupakan salah satu makanan yang wajib dikonsumsi saat musim gugur tiba. Ubi sangat dihargai di Jepang karena merupakan makanan saat perang. Bahkan, konsumsi ubi manis di musim gugur masih menjadi tradisi yang dijalankan hingga saat ini oleh masyarakat Jepang.


Saat musim gugur, ubi diolah menjadi campuran nasi yang disebut  satsumaimo gohan. Mochigome atau nasi lengket dimasak dengan potongan ubi manis seperti memasak nasi pada umumnya. Nasi dapat dinikmati dengan tambahkan taburan biji wijen. Ubi panggang juga dijual di berbagai tempat mulai dari toko serba ada, toko khusus ubi, hingga kedai makanan di festival.


Buah Kesemek



Sumber foto: Instagram @kured_right


Kesemek adalah buah yang dikonsumsi masyarakat Jepang pada musim gugur. Buah ini merupakan salah satu super food yang digemari saat musim gugur tiba. Rasanya manis, lembut dan terlihat mirip seperti tomat. Ada dua jenis kesemek yakni yang manis dan asam, yang biasanya digunakan untuk membuat kesemek kering. 


Hoshigaki adalah sebutan dari buah kesemek yang dikeringkan di Jepang. Hoshigaki dibuat dari buah kesemek Hachiya yang dikupas, lalu digantung dengan tali dan dijemur di bawah matahari sampai mengering. Setelah membentuk hoshigaki, buah ini dipijat dengan lembut setiap hari selama satu bulan. Proses pembuatan hoshigaki yang lama membuatnya dihargai mahal. Hoshigaki termasuk makanan langka di Jepang, maka sangat sulit sekali menemukan hoshigaki yang dijual di supermarket.

 

Terlihat sangat menggugah selera sekali makanan khas musim gugur di Jepang ya, Clozetters. Jangan lupa untuk cobain makanan musiman ini kalau kamu pergi ke Jepang di musim gugur!

READ MORE ON THIS TOPIC