Mengintip Keanggunan Geisha yang Tetap Populer | CoolJapan

Sumber foto: Pinterest


Clozetters! Siapa nih yang nggak tau dengan geisha? Walaupun Jepang sudah menjadi  negara yang modern tetapi masih ada pesona yang tidak terlupakan dari masa lalu loh, yaitu geisha. Mereka adalah penjaga tradisi yang memikat dengan keanggunan dan ketekunan mereka. Di balik kain sutra berkilau dan senyum manis yang mereka tampilkan, geisha ini menyimpan banyak hal yang menakjubkan. Mereka bukan hanya sekadar penari atau penyanyi, melainkan penjaga budaya tradisional Jepang yang telah melewati ujian waktu dan sejarah. Yuk, kita kupas tentang geisha!



Apa Saja Sih, Tugas Seorang Geisha?



Sumber foto: Pinterest


Clozetters harus tau nih, tugas utama seorang geisha adalah menghibur, biasanya mereka berada di kedai teh yang tenang atau di tempat hiburan eksklusif untuk menjamu tamu. Nah, selama acara tersebut seorang geisha akan bernyanyi, menari, menampilkan musik, mengadakan upacara minum teh hingga menyajikan makan dan minuman. Tarian anggun, melodi merdu dari shamisen, dan cerita-cerita kuno yang diungkapkan melalui senyuman dan gerakan halus – inilah seni yang menyentuh hati dan membawa penonton ke dunia yang indah.



Pelindung Warisan Budaya

 


Sumber foto: Pinterest


Walaupun saat ini Jepang sudah lebih modern, hal ini tidak membuat Jepang kehilangan jati diri nya, geisha ini lah yang menjadi salah satu yang membuat Jepang masih mempunyai sisi tradisional. Lebih dari sekadar penampil, geisha adalah penjaga budaya. Mereka melibatkan diri dalam seni tradisional dan ritual Jepang yang telah ada selama berabad-abad. Dalam pelatihan yang intensif, mereka mempelajari seni tari klasik, memainkan alat musik tradisional, dan mendalami seni kaligrafi. Dengan mempertahankan keaslian seni-seni ini, geisha berperan sebagai pelindung warisan budaya Jepang.

 


Busana yang Mempesona



Sumber foto: Pinterest


Yang satu ini, Clozetters pasti sudah nggak asing ya dengan busana ini? Salah satu ciri khas geisha adalah busana-nya yang indah. Mengenakan kimono yang berkilau dan penuh warna, dihiasi dengan motif tradisional yang indah menciptakan penampilan yang mempesona. Tidak hanya itu, tatanan rambut mereka yang rumit dan riasan wajah yang khas menambah pesona dan keanggunan mereka. Turis-turis yang berdatangan biasanya sangat senang mengabadikan geisha ini dikarenakan busana dan makeup yang khas. Cantik banget ya?



Geisha dan Maiko



Sumber foto: Pinterest


Selain geisha memang ada sosok wanita Jepang yang sering kali para turis bingung karna terlihat mirip, yaitu geisha dengan maiko. Meskipun seringkali disamakan, keduanya memiliki perbedaan yang mencolok dalam dunia budaya. Ternyata dua sosok wanita Jepang ini sangat berbeda dari segi umur loh, geisha sendiri adalah wanita dewasa yang telah menghabiskan bertahun-tahun memperdalam seni tradisional mereka sedangkan maiko adalah gadis muda yang penuh semangat, yang masih dalam proses belajar dan tumbuh. Maiko umumnya berusia 15-20 tahun, mereka dianggap berada di puncak feminitas Jepang, sedangkan geisha biasanya lebih tua dan berusia diatas 20 tahun, dan dianggap sebagai wanita yang telah dewasa. Wah, siapa nih yang baru tau?



Nah, Clozetters sekarang udah kenal dengan geisha kan? Untuk kalian yang akan berlibur ke Jepang, sempatkan untuk bertemu geisha di Kyoto ya! Coba berkunjung ke area ini pada sore hari, karena restoran Jepang di sekitar Kyoto menghadirkan paket hiburan geisha pada jam makan malam. Jadi gimana, Clozetters? Tertarik “berburu” geisha?

 


READ MORE ON THIS TOPIC