New Mom: Things That Keep Me Sane | CoolJapan

Sesaat setelah melahirkan sang buah hati tentu terdapat banyak perubahan yang terjadi pada mamanials. Tidak hanya perubahan fisik, biasanya mama yang baru saja melahirkan juga berhadapan dengan perubahaan suasana hati yang lebih sensitif. Dua bulan pertama kehadiran sang bayi tentunya bukan hal yang mudah untuk dijalankan bagi banyak mamanials.

Kurangnya jam tidur dan rasa lelah bisa membuat suasana hati mama tidak kondusif. Bahkan beberapa mamanials harus berhadapan dengan baby blues dan postpartum depression. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, ada beberapa kegiatan yang saya lakukan. Berikut kegiatan yang bisa mamanials coba lakukan untuk mengembalikan suasana hati yang tenang:


Komunikasi Dengan Suami

Komunikasi dengan pasangan merupakan sebuah kunci untuk menjaga keharmonisan dalam hubungan. Begitu juga sebelum dan sesudah mama melahirkan disarankan untuk berkomunikasi dengan suami dalam pembagian tugas merawat anak. Mama bisa berdiskusi dengan suami apa yang sedang mama alami setelah melahirkan. Jangan takut untuk menyampaikan apa yang mama inginkan dan butuhkan kepada suami. Tentunya mama harus menciptakan komunikasi yang asertif untuk menemukan solusi.

Komunikasi Dengan Mamanials

Merawat bayi tentu akan menjadi hal yang membingungkan bagi mama baru. Meski telah mengikuti serangkaian kelas parenting, menghadapi "dunia parenting" secara langsung akan terasa berbeda. Jika mama memiliki waktu senggang tak ada salahnya untuk berkomunikasi dengan mamanials lainnya untuk berbagi pengetahuan dan motivasi. Tak perlu bertemu secara langsung, mama bisa menyapa mamanials lainnya melalui online.

Konsumsi Minuman dan Makanan

Sedang menemani si kecil tidur?
Mama bisa beristirahat sambil menikmati minuman pelancar ASI. Saat ini minuman untuk melancarkan ASI sangat beragam. Biasanya saya menikmati sebotol susu almod varian teh khas Jepang, yaitu matcha. Dapat dikonsumsi hangat mau pun dingin, menikmati susu almond sambil nonton K-Drama atau membaca buku favorit bisa menenangkan hati mama. Mama juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mama suka, terlebih makanan yang kaya akan protein. Dengan mengonsumsi makanan favorit, mama akan lebih happy karena ada kalimat yang mengatakan “good food, good mood”. Jika asupan mama sudah cukup dan merasa bahagia, ASI mama akan menjadi lebih lancar.

Mandi Air Hangat

Kegiatan lainnya yang bisa mama lakukan adalah menikmati air hangat saat mandi. Selain membantu menghilangkan rasa lelah, mandi air hangat dapat melancarkan produksi ASI. Jangan lupa menggunakan sabun dengan aroma yang menenangkan untuk memaksimalkan efek relaksasi.

Perawatan

Setidaknya sebulan atau dua bulan sekali mama harus menyempatkan diri pergi merawat tubuh mama. Mama bisa melakukan spa, facial, dan meni pedi. Selain mempercantik tampilan mama, merawat tubuh dapat menghilangkan rasa lelah dan mengurangi stres.

READ MORE ON THIS TOPIC