(Review) Fun Flight Experience with Japan Airlines | CoolJapan


End of year = traveling season!

Sudah tentukan akan ke mana akhir tahun ini? Jika Jepang dan negara Asia lainnya jadi destinasi pilihan, kamu bisa pertimbangkan Japan Airlines (JAL) sebagai maskapai pilihan. Maskapai yang berpusat di Shinagawa, Tokyo, ini punya segudang alasan untuk membuat penerbangan kamu menjadi momen seru yang tak terlupakan.

 

Apa saja ya, kira-kira? Berikut Clozette rangkum beberapa di antaranya:


JAL Menerima Berbagai Penghargaan



Sumber foto: Japan Airlines


Tahu nggak, JAL dapat penghargaan 2024 World Class dari Airline Passenger Experience Association (APEX) selama 3 tahun berturut-turut, dan jadi satu-satunya maskapai penerbangan Jepang yang diakui di 2023 APEX/IFSA EXPO. Terlebih, penghargaan yang diterima adalah ‘Best-in-Class in Safety and Well-Being’, menandakan effort besar tim JAL untuk menghadirkan perjalanan yang aman buat penumpangnya.

 

Buat yang belum familiar, APEX adalah salah satu asosiasi maskapai internasional terbesar yang berbasis di Amerika Utara. Jadi, bisa dibilang penghargaan ini prestigious banget!

 



Pre-Flight yang Efisien dan Rapi




Clozette sempat merasakan pengalaman terbang dengan JAL, lo! Rutenya adalah Jakarta -Tokyo (pp), dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Narita dan sebaliknya. Belum terbang aja, Clozette sudah terkesan karena proses check in sampai boarding yang efisien dan smooth banget! Dari Bandara Soekarno-Hatta, pesawat tiba dan take off on time, para staff JAL juga sangat helpful dalam mengatur penumpang, jadi prosesnya sangat rapi dan cepat.

 

Ketika terbang kembali ke Jakarta, Clozette juga terkesan dengan sistem yang diterapkan di Bandara Narita. Mulai dari web check in hingga fasilitas drop baggage. Berbekal digital boarding pass, Clozette merasa terbantu banget! Selain nggak perlu worry boarding pass rusak atau hilang, proses melewati security, imigrasi, hingga boarding gate juga jadi lebih nyaman.



Dalam Pesawat: Lega, Nyaman, dan Seru!




Keseruan flight dengan JAL masih berlanjut. Meskipun naik economy class, leg room di kabin pesawat cukup lega dan nyaman. Di sini, kita bisa menikmati berbagai fasilitas seperti inflight meal, unlimited snack and drinks (thanks to para pramugari yang royal banget nawarin minuman dan snack, hehe), dan tentunya inflight entertainment. Tontonannya variatif dan banyak banget, bikin 7 jam di pesawat nggak terasa bosan.

 

Kalau Clozetters butuh bantal, pramugari juga bakal nyediain. Tapi, tanpa bantal juga tetap nyaman karena head rest di kursinya bisa ditekuk sebagai sandaran kalau Clozetters mau tidur.


Nah, selain yang sudah disebutkan tadi, ada juga fasilitas berbayar kayak inflight wifi buat Clozetters yang butuh akses internet di dalam pesawat. Kalau butuh, bisa tanya-tanya ke staff JAL sebelum boarding atau langsung ke pramugari di dalam pesawat.



Inflight Meal yang Tasty




Lalu, gimana dengan inflight meal-nya? Surprisingly, yummy! Baik makanan yang ada ketika Clozette berangkat ke Jepang, sampai kembali ke Indonesia. JAL memberikan ‘a true Japanese experience’ di dalam pesawat, bahkan di kelas ekonomi sekali pun, dengan menu khas Jepang lengkap hingga ke side dish-nya. Psst, ada dessert berupa ice cream juga!

 

Yang bikin Clozette terkesan, para pramugari concern banget sama penumpang dari Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Meskipun di buku menu ada pilihan sajian pork, pramugari dengan sigap menyajikan makanan berbahan dasar ayam atau seafood. Menurut Clozette, ini salah satu gestur sederhana yang meaningful, khususnya bagi para Muslim yang terbang dengan JAL.



Bagaimana dengan Toiletnya?




Japan’s hygiene standard is in another level! Ini terbukti dengan toilet pesawat JAL yang bersih banget jika dibandingkan dengan maskapai lainnya. Toiletnya juga terang, fasilitasnya cukup mumpuni buat Clozetters yang perlu bolak-balik ke toilet selama penerbangan. Beberapa pesawat JAL juga udah dilengkapi bidet, jadi tentunya lebih nyaman.

 


Wajib Tahu: JAL Menerapkan Konsep Sustainability!




Nah, buat Clozetters yang bertanya-tanya tentang sustainability di dalam pesawat JAL, nggak perlu khawatir. Maskapai ini udah nggak menggunakan plastic cup, jadi kamu akan minum berwadah paper cup yang lebih ramah lingkungan. Wadah makanannya juga recyclable untuk mengurangi sampah.

 

Kalau Clozetters nggak ingin makan di dalam pesawat, ada ‘JAL Meal Skip Option’, fungsinya buat menghindari makanan yang terbuang percuma. What a thoughtful move from JAL!

 

Bagaimana, Clozetters? Menarik bukan, terbang dengan world-class airline ini? Biar lebih kebayang, coba cek video review Clozette di bawah ini.



Buat kamu yang mau intip current updates dari JAL, bisa follow Instagram mereka di sini. Siapa tahu lagi ada pengumuman promo atau travel fair. Happy traveling, Clozetters!


READ MORE ON THIS TOPIC