Sakura dan Keseruan Lain di Jepang sepanjang Musim Semi | CoolJapan

Sumber foto: Little Holidays


Musim semi di Jepang berlangsung mulai bulan Maret sampai bulan Mei. Cuaca yang nyaman dan sejuk, dan bunga-bunga yang bermekaran bikin musim ini jadi salah satu yang paling dinanti di Jepang, baik oleh warga lokal maupun para wisatawan. Temperaturnya berkisar 12°-15° Celcius, bikin jalan-jalan nyaman tanpa perlu bergidik kedinginan. Bisa pakai trench coat stylish, tapi nggak perlu pakai yang super tebal atau yang isinya bulu angsa.

 

Nah, Clozetters tentu tau nih, kalau di musim ini, rumput-rumput mulai menghijau, salju meleleh, dan bunga-bunga bermekaran bikin Jepang lebih berwarna. Sebenarnya, ada apa aja sih, yang bisa kita nikmatin di Jepang selama musim semi? Clozette rangkum tiga di antaranya lewat ulasan berikut!



Sakura, Primadonanya Musim Semi



Sumber foto: Time Out

 

Bunga dengan kelopak merah muda ini jadi daya tarik utama kalau Clozetters berkunjung ke Jepang di musim semi. Kamu bisa mampir ke Ueno Park di Tokyo buat nikmatin hanami, piknik di bawah pohon sakura sambil nikmatin makanan dan minuman. Biasanya, peak season sakura nih cuma 10 hari aja. Kalau di Tokyo berlangsung di minggu terakhir Maret sampai awal April. Jangan sampai kelewatan ya, Clozetters!

 

 

Hinamatsuri, Festivalnya Anak Perempuan



Sumber foto: Nippon.com

 

Spesifiknya disebut festival boneka, yang dirayain setiap tanggal 3 Maret. Dirayain dengan boneka berpakaian tradisional khas istana yang dijejerin di karpet merah. Jaman dulu, tepatnya di periode Heian, anak-anak perempuan istana pada mainin boneka ini. Kebiasaan ini menyebar ke seluruh Jepang, sampai banyak keluarga yang bikin boneka mereka sendiri buat di-display di tanggal 3 Maret untuk ngusir hal-hal buruk yang kemungkinan terjadi di anak perempuan mereka.

 

 

Children’s Day dan Golden Week



Sumber foto: gltjp.com

 

Tiap tanggal 5 Mei, ada hari libur Jepang yang disebut Children’s Day. Dirayainnya di penghujung Golden Week (29 April-6 Mei). Di momen ini, banyak koinobori atau bendera berbentuk ikan koi yang dikibarin di rumah-rumah buat ngedoain kesuksesan anak mereka. Serunya, kalau Clozetters berkunjung di momen-momen ini, bisa liat koinobori di Jepang. Tapi, perlu diinget nih kalau di Golden Week, banyak toko tutup dan jalanan, stasiun, atau bandara lebih padat dari biasanya karena banyak yang bepergian.

 

Menarik banget, ya? Mana yang paling bikin Clozetters kamu suka, nih?


READ MORE ON THIS TOPIC