Seperti Apa Sisir Kayu yang Harganya Sampai Rp 6 Juta? | CoolJapan

Sumber foto: Timeout.com


Kalau punya uang banyak, Clozetters mau nggak nih, beli sisir kayu yang harganya bikin geleng-geleng kepala? Bukan seratus atau dua ratus ribu, sisir yang dijual di salah satu souvenir shop Tokyo ini mencapai Rp 3 hingga 6 juta!

 

Nama toko yang lagi kita omongin ini adalah Yonoya, toko dengan sejarah panjang yang sudah berdiri selama lebih dari 300 tahun. Toko ini terletak di Asakusa, Tokyo, yang merupakan shopping street untuk berburu oleh-oleh dan pernak-pernik tradisional Jepang.



Sumber foto: Yonoya

 

Yonoya yang sudah berdiri sejak tahun 1717 ini menghabiskan 150 tahun pertamanya jualan sisir. Awalnya, toko ini awalnya berdiri di Bunkyo ward, dan baru pindah ke area Asakusa sejak tahun 1910an. Toko yang di Asakusa ini juga bergaya tradisional banget, lo!





Sumber foto: Yonoya

Di Yonoya, Clozetters bisa berburu barang-barang jadul, mulai dari kanzashi atau hiasan rambut, hingga tsugegushi yang merupakan sisir kayu. Dengan konsep “quality over quantity”, tsugegushi yang ada di toko ini dibuat menggunakan material kayu boxwood yang keras dan berkualitas tinggi dari Ibusuki, Kagoshima. Nggak langsung dibuat setelah pohon ditebang, kayu yang digunakan dikeringkan selama lebih dari 30 tahun, lalu dikirim ke Osaka untuk pemrosesan inisial, baru dikirimkan ke Yonoya untuk finishing touch dengan standar kualitas mereka yang tinggi.



Sumber foto: Yonoya


Lalu, apa sih keistimewaan tsugegushi yang dijual di Yonoya? Biasanya, sisir tradisional ini digunakan buat melengkapi hair styling para atlet sumo atau pemeran kabuki. Dibuat dengan presisi, sisir ini lembut ketika menyentuh kulit kepala. Sisir ini juga long-lasting, bisa tahan sampai 10 tahun atau bahkan seumur hidup, tergantung cara perawatan dan penyimpanannya.



Sumber foto: Yonoya

 

Nggak cuma jual sisir polos aja, kamu bisa dapetin sisir yang lebih “fancy” dengan detail ukiran kayu yang butuh craftsmanship tingkat tinggi. And yes, it’s such a traditional yet luxurious items for you to collect. Sisir dengan detail ekstra ini dibanderol hingga Rp 6 jutaan, lo!

 

Gimana, Clozetters? Tertarik koleksi nggak, nih?


READ MORE ON THIS TOPIC