Tak Hanya Indah, Kenali Ragam Manfaat Bunga Sakura Untuk Kecantikan | CoolJapan


Jika berbicara tentang bunga sakura, tentu identik dengan negara asalnya yakni Jepang. Berkat keindahannya, bunga yang memiliki nama latin Prunus Yedeonsis ini berhasil menjadi salah satu ikon dari negeri matahari terbit tersebut.

Selain indah dipandang, rupanya bunga sakura juga dikenal dengan kemampuannya dalam merawat kulit. Pasalnya, bunga merah muda ini menyimpan beragam kandungan bermanfaat seperti anti-oksidan, fatty acid, melantonin, hingga minyak alami yang baik bagi kecantikan. Lantas, kira-kira apa saja manfaat dari bunga sakura untuk kulit? Yuk, simak rangkuman Clozette di bawah ini.


Mencerahkan Kulit

Salah satu manfaat bunga sakura yang paling banyak diketahui adalah kemampuannya dalam mencerahkan warna kulit. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Heimat.Ltd, bunga sakura memiliki kandungan melantonin dan caffeic acid yang mampu mencegah masalah hiperpigmentasi pada kulit. Hal inilah yang menyebabkan bunga sakura dapat membuat kulit terlihat cerah alami dan bercahaya


Mengecilkan Pori-Pori

Manfaat bunga sakura yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah mengecilkan pori-pori. Seperti yang telah diketahui, pori-pori wajah yang dibiarkan besar akan menyebabkan kotoran dan bakteri mudah masuk ke dalam kulit sehingga bisa menimbulkan masalah jerawat.

Sebuah penelitian dari Oryza Fat Oil & Chemical Co.Ltd di Jepang membuktikan bahwa ekstrak bunga sakura memiliki unsur anti-glikasi yang bermanfat untuk merapatkan pori-pori kulit. Sehingga dengan perawatan rutin menggunakan ekstrak bunga sakura, pori-pori kulit akan terasa lebih halus.

Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Kaya akan antioksidan, bunga sakura juga dapat melindungi kulit dari radikal bebas yang bisa menyebabkan terjadinya penuaan dini. Selain itu, kandungan caffeic acid pada bunga sakura juga dapat mencegah oksidasi kulit yang berlebihan sehingga kulit akan tampak segar dan merona. 


Mengatasi Sunburn

Bukan hanya mencerahkan kulit, bunga sakura juga dapat mengatasi sunburn. Sunburn merupakan kondisi kulit yang terbakar akibat paparan sinar matahari yang berlebihan dan bisa menyebabkan kulit menjadi memerah dan iritasi.

Sunburn dapat diatasi dengan berbagai cara, salah satunya melalui ekstrak bunga sakura. Memiliki kandungan soothing dan anti inflamasi, bunga khas Jepang ini dapat menenangkan kulit dan membantu mengatasi kulit yang meradang akibat paparan sinar matahari.

Melembapkan Kulit

Manfaat terakhir yang bisa kamu dapatkan dari bunga sakura adalah kemampuannya untuk memberikan hidrasi serta melembapkan kulit. Hal ini dikarenakan bunga sakura mengandung fatty acid dan minyak alami yang dapat menjaga kelembapan kulitmu. Jika kulit telah terhidrasi dan terjaga kelembapannya dengan baik, maka kamu akan terhindar dari berbagai masalah kulit seperti jerawat dan kulit kering.

Itu dia sederet manfaat dari bunga sakura untuk kecantikan kulit. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, lakukanlah perawatan secara rutin dan konsisten menggunakan produk kecantikan yang dilengkapi dengan ekstrak bunga sakura. Jangan lupa juga untuk mengimbanginya dengan menerapkan pola hidup sehat. Selamat mencoba, Clozetters!

READ MORE ON THIS TOPIC